Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Ion-Exchange Softening Hard Water untuk Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih (Studi Aksus : Kawasan Ahmad Yani Gresik)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Ion-Exchange Softening Hard Water untuk Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih (Studi Aksus : Kawasan Ahmad Yani Gresik)
Edition
Call Number 2008/II/55
ISBN/ISSN
Author(s) Putri Rizqiandini
Subject(s) Hard Water
QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Air yang mengandung kelebihan-kelebihan mineral biasa disebut dengan “hard water”. Hard water pada umumnya mengandung kelebihan Ion Kalsium dan Ion Magnesium yang berasal dari tanah. Kualitas air bergantung pada keadaan topografi tempat sumber berada. Gresik adalah daerah yang sebagian besar memiliki jenis tanah mediteran/tanah kapur, yaitu tanah yang terbentuk dari pelapukan batuan kapur, kandungan kapur ini yang mengakibatkan kesadahan tinggi pada air. Seperti halnya pada kawasan penelitian Ahmad Yani, tingkat kesadahan (hardness) pada air relatif tinggi. Penduduk yang berdomisili di kawasan Ahmad Yani sebagian besar mengkonsumsi air tanah/air sumur yang bersifat hard water. Hard water menimbulkan beberapa masalah termasuk salah satunya menjadi faktor penyebab penyakit batu ginjal, hal ini diperkuat dengan data kesehatan kota Gresik pada tahun 2007. Maka dari itu diperlukan suatu penanganan khusus untuk menanggulangi masalah ini. Hal inilah yang mendorong untuk merancang dan mengembangkan produk ion-exchange softening dalam skala rumah tangga, sebagai tindak lanjut dari hard water. Pada penelitian sebelumnya, peralatan pelunakan air ditujukan dalam skala industri, dengan biaya yang besar dan tidak memperhatikan aspek voice of customer. Sedangkan, didalam penelitian ini metode Quality Function Deployment (QFD) digunakan untuk menerjemahkan kebutuhan dan keinginan konsumen dalam karakteristik desain produk pelunakan air. Dari hasil pengembangan, didapatkan konsep alternatif C yang terpilih dan membutuhkan biaya pembuatan sebesar Rp 1.104.388,-. Produk ion-exchange softening diharapkan mampu memenuhi harapan pengguna di kawasan Ahmad Yani Gresik dan mampu meningkatkan efisiensi dan penghematan konsumsi air. Kata Kunci : Hard water,Hardness, Voice of customer, QFD, Ion-exchange softening
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.;Dyah Santhi Dewi, ST., M.Eng.Sc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous