Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penerapan Ergonomi dan Keselamatan Kesehatan Kerja untuk Desain Stasiun Kerja dan Perilaku Pekerja (Studi Kasus : Industri Furniture Kayu Sari Tanah Malang)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penerapan Ergonomi dan Keselamatan Kesehatan Kerja untuk Desain Stasiun Kerja dan Perilaku Pekerja (Studi Kasus : Industri Furniture Kayu Sari Tanah Malang)
Edition
Call Number 2008/II/63
ISBN/ISSN
Author(s) Putri Laksmiwati
Subject(s) ERGONOMIC
K3
Classification 620.82
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Konsep ergonomi serta Keselamatan Kesehatan Kerja merupakan konsep penting untuk diterapkan dalam suatu industri, khususnya dalam perancangan stasiun kerjanya. Kecenderungan yang ada saat ini adalah, pada industri skala kecil menengah, seperti pada industri furniture kayu Sari Tanah sebagai objek penelitian, konsep tersebut kurang begitu diperhatikan, sehingga dapat menimbulkan resiko kerja baik dari segi bahaya kondisi lingkungan fisik, sikap dan cara kerja, serta perilaku pekerja khususnya yang ada di dalam stasiun produksi pengerjaan kayu. Oleh karenanya, dalam penelitian ini dilakukan penerapan konsep ergonomi serta K3 dalam desain stasiun kerja yang meliputi fasilitas pendukung kerja, lingkungan fisik ruang, dan perilaku pekerja berdasarkan implementasi Theory of Planned Behavior, Risk Analysis, Nordic Body Map, Standardized Nordic Questionnaire, aspek biomekanika, serta gangguan lingkungan fisik kerja. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah rancangan fasilitas pendukung berupa meja dan kursi kerja untuk aktivitas pembuatan pola dan perakitan untuk mengatasi keluhan sakit serta mengurangi moment, rata-rata sebesar 43%. Serta perubahan aspek lingkungan fisik dan beberapa upaya penanggulangan faktor perilaku pekerja yang paling berpengaruh pada penerapan K3, yaitu variabel perceived behavioral control atau kemudahan dalam menerapkan perilaku K3 di tempat kerja. Kata Kunci: Ergonomi, Fasilitas Pendukung, K3, Lingkungan Fisik, Theory of Planned Behavior
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sritomo Wignjosoebroto, M.Sc.;Adithya Sudiarno, ST., MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous