Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Decision Support System untuk Menentukan Diskon dan Ukuran Pemesanan yang Optimal pada Single Period Problem Dengan Mengimplementasikan Model Khouja
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Decision Support System untuk Menentukan Diskon dan Ukuran Pemesanan yang Optimal pada Single Period Problem Dengan Mengimplementasikan Model Khouja
Edition
Call Number 2009/I/03
ISBN/ISSN
Author(s) Anita Puspa
Subject(s) DECISION SUPPORT SYSTEM
Discounting
Single Period Problem
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Single period problem merupakan permasalahan yang membahas tentang bagaimana menentukan ukuran pemesanan produk yang optimal untuk memaksimalkan keuntungan pada demand yang bersifat probabilistik (Khouja, 2000). Permasalahan yang terjadi adalah bagaimana menentukan besarnya diskon dan ukuran pemesanan produk yang optimal pada produk-produk yang bersifat perishable atau produk yang memiliki masa ekonomis pendek. Selain itu diperlukan adanya perangkat lunak yang dapat membantu proses pengambilan keputusan sehingga dihasilkan keputusan yang tepat, cepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah decision support system untuk menentukan harga jual produk, order quantity serta tingkat diskon yang optimal. Model yang digunakan untuk menentukan diskon dan ukuran pemesanan optimal adalah model Optimal Ordering, Discounting and Pricing in The Single-Period Problem yang dikembangkan oleh Khouja (2000). Setelah itu dibandingkan antara pendapatan yang diperoleh sebelum dan sesudah diaplikasikannya model Khouja. Penelitian ini menghasilkan peningkatan expected revenue yang berkisar antara 18,52% hingga 48,81% dengan rata-rata sebesar 31,53 %. Hasil ini menunjukkan bahwa implementasi model Khouja menghasilkan performansi yang lebih baik dibandingkan metode eksisting. Kata kunci : discounting, order quantity, single period problem, perishable item
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc.;Stefanus Eko Wiratno, ST., MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous