Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penentuan Standart Unit Cost Pendidikan Pada Sekolah Menengah Pertama Dengan Pendekatan Model Activity Based Costing (Studi Kasus: SMP-X Sidoarjo)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penentuan Standart Unit Cost Pendidikan Pada Sekolah Menengah Pertama Dengan Pendekatan Model Activity Based Costing (Studi Kasus: SMP-X Sidoarjo)
Edition
Call Number 2009/I/04
ISBN/ISSN
Author(s) Khusnul Sofiliana
Subject(s) ACTIVITY BASED COSTING
Teaching Service Cost
Classification 658.155 2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Berkaitan dangan rencana pemerintah yang akan menerapkan sistem pendidikan yang berbentuk badan hukum atau Badan Hukum Pendidikan (BHP) peserta didik maksimal menanggung sebesar 1/3 dari jumlah keseluruhan biaya operasional. Hal ini memerlukan perhitungan yang cermat untuk menentukan berapa besar biaya jasa pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut maka pihak penyelenggara pendidikan perlu melakukan kajian terhadap pengunaan anggaran pada aktivitas pendidikan. Metode yang tepat untuk mengakomodasi hal tersebut adalah penerapan model Activity Based Costing. Penelitian diawali membuat model ABC dengan me-review sistem akuntansi SMP-X dan proses bisnisnya, identifikasi cost object, activity centre, resource centre dan resource, identifikasi aktivitas, cost pool dan cost driver, penyusunan hirarki alokasi activity overhead cost, selanjutnya dilakukan aplikasi model ABC pada SMP – X untuk menghitung besarnya standard unit cost yang ditanggung tiap siswa dan menghitung variansi dengan metode lama. Hasil pengolahan data didapat unit cost per siswa per tahun pada tahun anggaran 2006-2005 adalah Rp.4,725,992,- sedangkan pada kondisi exsisting sebesar Rp.7,011,220,- sehingga pihak SMP mempunyai surplus anggaran SPP persiswa pertahun Rp. 2,285,228,- atau perbulan sebesar Rp.190,435,- Kata kunci : Biaya Jasa Pendidikan, Activity Based Costing, Variansi Biaya
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nani Kurniati, ST., MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous