Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perbaikan Kinerja Operator Pada Unit Grading Di PT. Keramik Diamond Industries Dengan Pendekatan Metode HRA (Human Reliability Assesment)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perbaikan Kinerja Operator Pada Unit Grading Di PT. Keramik Diamond Industries Dengan Pendekatan Metode HRA (Human Reliability Assesment)
Edition
Call Number 2009/I/06
ISBN/ISSN
Author(s) Fidelia Septi Verlaidi
Subject(s) Human Reliability Assessment
Classification 620.002 42
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Kualitas adalah permasalahan utama yang harus diperbaiki baik oleh perusahaan manufaktur ataupun jasa. Permasalahan ini tidak hanya menjadi urusan para manager saja tetapi juga para operator. PT. Keramik Diamond Industries (PT. KDI) adalah perusahaan penghasil keramik yang selalu memperhatikan kualitas produknya. Operator mempunyai peranan penting dalam hal kualitas, khususnya pada unit grading. Pada unit ini operator harus mengidentifikasi tile yang cacat secara fisual dimana konsekuensi adanya human error dapat terjadi sehingga menimbulkan adanya produk yang tidak sesuai level kualitasnya (non conforming product/NCP). Untuk mengurangi adanya produk NCP maka harus dilakukan perbaikan terhadap keandalan manusia. Unit grading di PT. KDI ini terdiri dari tiga macam pekerja yaitu operator mesin, grader dan staple dan dalam penelitian ini digunakan Human Reliability Assessment (HRA) sebagai metode untuk meningkatkan keandalan operator tersebut. Metode ini mempunyai beberapa tahap antara lain mengidentifikasi permasalahan, membuat task analysis, mengidentifikasi dan mengklasifikasi human error, merepresentasikan human error dengan Fault Tree Diagram (FTD), kuantifikasi human error dengan metode Human Error Assessment and Reduction Technique (HEART) dan metode Standarized Plant Risk-HRA (SPAR-H) dan kemudian dilakukan suatu perbaikan untuk mengurangi terjadinya human error. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa peluang adanya human error terbesar terjadi pada operator grader. Nilai human error probability (HEP) terbesar pada grader dalam tugasnya mengklasifikasikan tile berdasarkan level kualitasnya masing-masing yaitu sebesar 0,5645 menurut metode HEART dan 0,594 menurut metode SPAR-H. Total keandalan sistem dari unit grading ini adalah 0,27. Perbaikan yang mungkin dilakukan untuk grader antara lain memberikan training, membuat suatu inovasi alat seperti kaca yang bertujuan agar grader dapat mengidentifikasi cacat pada sisi belakang dari tile dengan lebih mudah dan melakukan perotasian operator setiap satu atau dua jam sekali. Kata Kunci : FTD, HEART, Human Error Probability, Human Reliability Assessment, SPAR-H
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng.,PhD.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous