Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penerapan COMPLIMENT (Combining Environmental Performance Indicators, Life Cycle Analysis, Multi-Criteria Analysis) untuk Analisis Kinerja Lingkungan (Studi Kasus pada Industri Gula PG. Toelanangan)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penerapan COMPLIMENT (Combining Environmental Performance Indicators, Life Cycle Analysis, Multi-Criteria Analysis) untuk Analisis Kinerja Lingkungan (Studi Kasus pada Industri Gula PG. Toelanangan)
Edition
Call Number 2009/I/09
ISBN/ISSN
Author(s) Risna Eka Debrina
Subject(s) Environmental Management
Classification 333.174
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Penelitian ini menggambarkan penerapan pendekatan COMPLIMENT untuk analisis kinerja lingkungan PG. Toelangan. PG. Toelangan terletakdi Jawa Timur dimana umumnya permasalahan lingkungan menjadi masalah utama dalam perkembangan industri. Penelitian ini diharapkan dapat membantu PG. Toelangan dalam mengakomodasikan pertimbangan – pertimbangan lingkungan pada program – program perbaikan yang akan dilaksanakan sehingga PG. Toelangan memiliki alternatif solusi yang nyata dalam mengatasi permasalahan lingkungan dan pada saat yang sama dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Agar dapat menjalankan penelitian ini, pendekatan COMPLIMENT diusulkan. Pendekatan ini terdiri dari integrasi Indikator Kinerja Lingkungan (EPIs), Analisis Siklus Hidup (LCA), dan Analisis Multi Kriteria (MCA), dimana semua dampak lingkungan akan diukur. Hasil Penelitian ini mengindikasikan bahwa industri gula PG. Toelangan memiliki dampak potensial dalam inefisiensi penggunaan energi. Sebagai akibatnya, kinerja lingkungan dari penggunaan energi memiliki kinerja paling rendah dibanding kinerja lainnya. Berdasarkan analisis dari penelitian ini diusulkan sebuah pengembangan yaitu memproduksi listrik sendiri yang mana sumber energinya berasal dari limbah produksi tebu (bioetanol). Program yang diusulkan tersebut dapat mengubah kinerja dari peringkat biru menjadi peringkat hijau. Kata kunci: COMPLIMENT (Integration of LCA, EPI, and MCA), Fuzzy AHP, Kinerja Lingkungan, Manajemen Lingkungan.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous