Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penerapan Metode Penjadwalan Critical Chain dan Lean Construction Dalam Perencanaan dan Pengendalian Proyek Konstruksi (Studi Kasus : PT. Adhi Karya (Persero), Tbk)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penerapan Metode Penjadwalan Critical Chain dan Lean Construction Dalam Perencanaan dan Pengendalian Proyek Konstruksi (Studi Kasus : PT. Adhi Karya (Persero), Tbk)
Edition
Call Number 2009/I/11
ISBN/ISSN
Author(s) Nyoman Yuni Anggraeni
Subject(s) Lean Contruction
Management Project
Classification 658.404
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Penjadwalan dan pengendalian proyek adalah bagian penting dari manajemen proyek konstruksi dalam mencegah keterlambatan proyek. Keterlambatan suatu pekerjaan dalam proyek merupakan efek kombinasi dari ketergantungan antar pekerjaan dan variabilitas dalam proses. Variabilitas yang cukup tinggi dalam proses konstruksi dapat mengakibatkan terjadinya aktivitas-aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah (waste). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses konstruksi dengan pendekatan Lean Construction serta memberikan usulan penjadwalan proyek dengan menggunakan metode Critical Chain Project Management (CCPM). Di fase perencanaan, penjadwalan Critical Chain memberikan efisiensi dalam utilisasi durasi pekerjaan melalui pemindahan waktu cadangan di tiap pekerjaan ke akhir proyek (project buffer) untuk melindungi proyek dari keterlambatan. Di fase pelaksanaan, penerapan Lean Construction bermanfaat dalam monitoring buffer management sebagai bagian dari konsep penjadwalan Critical Chain. Studi kasus penelitian ini ialah Proyek Konversi Dermaga Konvensional menjadi Terminal Serbaguna di Nilam Timur Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, dengan PT. Adhi Karya (Persero),Tbk sebagai kontraktor proyek. Penelitian ini telah mengidentifikasi bahwa waste yang paling berpengaruh terhadap keterlambatan pekerjaan ialah waiting, sedangkan hasil yang diperoleh dari penjadwalan Critical Chain ialah perencanaan penyelesaian proyek yang lebih pendek.. Kata Kunci : Proyek Konstruksi Dermaga, Lean Construction, Penjadwalan Critical Chain.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc.;Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi,MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous