Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Upaya Peningkatan Kualitas Produk Gallon New Design (ND) dengan Pendekatan Lean Six Sigma (Studi Kasus : PT. Berlina, Tbk-Pandaan)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Upaya Peningkatan Kualitas Produk Gallon New Design (ND) dengan Pendekatan Lean Six Sigma (Studi Kasus : PT. Berlina, Tbk-Pandaan)
Edition
Call Number 2009/I/16
ISBN/ISSN
Author(s) Novia Ridha Rahayu
Subject(s) LEAN SIX SIGMA
RCA
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT.Berlina Tbk merupakan perusahaan yang concern untuk melakukan proses produksi semua jenis kemasan yang berbahan dasar plastik. Dalam perkembangan bisnisnya, perusahaan memiliki permasalahan yang berhubungan dengan defect. Pada saat ini perusahaan berusaha meningkatkan kualitas produknya yang memiliki defect rate tertinggi yaitu jenis gallon tipe ND. Fokus penyelesaian ini dipilih karena jenis gallon memiliki harga jual yang relatif tinggi dibandingkan jenis yang lain. Penelitian ini menitikberatkan pada penggabungan konsep Lean Thinking dan konsep Six Sigma yaitu Lean Six Sigma untuk memperbaiki kualitas. Selain penggabungan 2 konsep diatas, diaplikasikan grey theory untuk rancangan FMEA sehingga langkah perbaikan yang akan dilakukan merupakan pilihan prioritas tertinggi dan merupakan permasalahan kritis yang harus segera di perbaiki. Tools Lean Six Sigma yang dipakai pada penelitian ini adalah Big Picture Mapping, Pareto Chart, Root Cause Analysis, Cause effect diagram, Grey Theory dan Failure Mode and Effect Analysis. Tools yang digunakan diatas akan mendukung hasil tahapan improve untuk penentuan prioritas perbaikan. Dari hasil penelitian diperoleh waste terkritis adalah defect dan hasil tahap improve fokus pada masalah yang paling kritis juga yaitu perbaikan treatment tambahan yang kurang optimal. Hasil penjabaran tiap fase six sigma dan identifikasi cause effect diagram, menghasilkan langkah perbaikan yaitu memberikan rancangan mesin peniris biji plastik untuk material regrind setelah pencucian. Dengan perbaikan ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan eliminasi terjadinya defect produk. Kata Kunci: Lean Six Sigma, Root Cause Analysis (RCA), Pareto Diagram, Grey Failure Mode and Effect Anaylsis (FMEA), gallon ND.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Suparno, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous