Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pemilihan Alternatif Perbaikan Kinerja Lingkungan Sektor Industri Potensial di Jawa Timur dengan Metode Economic Input-Output Life-Cycle Assessment (EIO-LCA) dan Analytic Network Process (ANP)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pemilihan Alternatif Perbaikan Kinerja Lingkungan Sektor Industri Potensial di Jawa Timur dengan Metode Economic Input-Output Life-Cycle Assessment (EIO-LCA) dan Analytic Network Process (ANP)
Edition
Call Number 2009/I/17
ISBN/ISSN
Author(s) Evanindya Hennytasari
Subject(s) ANP
Economic Input-Output
Environmental Management
Classification 333.174
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Sektor industri merupakan sektor yang mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perekonomian dan lingkungan. Sektor industri di Jawa Timur adalah sektor yang menyumbangkan output terbesar bagi perekonomian Jawa Timur. Output yang besar tentu saja diikuti dengan pemakaian sumber daya alam dan pembuangan ke lingkungan yang besar pula. Penelitian ini menggunakan keterkaitan antarsektor untuk menentukan sektor industri potensial di Jawa Timur. Untuk mengetahui dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh sektor industri potensial selama siklus hidupnya digunakan metode EIO-LCA. Selain itu, juga menggunakan metode ANP untuk memilih alternatif perbaikan yang digunakan untuk mengurangi dampak lingkungan dari siklus sektor industri potensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sektor industri potensial adalah sektor kertas dan karton serta sektor industri barang dari logam. Kategori dampak ecotoxicity water acute merupakan kontributor terbesar dari total dampak lingkungan, dan juga sektor industri minyak dan gas bumi merupakan kontributor proses terbesar untuk sektor industri potensial. Rekomendasi perbaikan untuk mengurangi dampak ecotoxicity water acute dari unit proses minyak dan gas bumi adalah pollution prevention and control. Kata kunci: Alternatif Perbaikan Kinerja Lingkungan, Analytic Network Process, Economic Input-Output Life-Cycle Assessment, Sektor Industri Potensial Jawa Timur.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng.,PhD.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous