Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perbaikan Sistem Kerja dengan Pendekatan Workload dan Human Reliability Assessment (Studi Kasus : PT. Djitoe Indonesian Tobacco Coy)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perbaikan Sistem Kerja dengan Pendekatan Workload dan Human Reliability Assessment (Studi Kasus : PT. Djitoe Indonesian Tobacco Coy)
Edition
Call Number 2009/I/19
ISBN/ISSN
Author(s) Singgih Dwi Pramono
Subject(s) Human Reliability Assessment
Classification 620.002 42
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Semua jenis perusahaan tentunya memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan (profit oriented). Untuk mendukung tujuan dari perusahaan ini harus diperpertimbangkan faktor-faktor yang dapat memberikan pengaruh terhadap pendapatan perusahaan yang salah satunya adalah produktivitas dari pekerja. Pada industri rokok terutama Sigaret Kretek Tangan (SKT), proses produksi sangat dipengaruhi oleh faktor manusia. Pada penelitian ini akan diperbaiki sistem kerja pada operator linting bagian produksi SKT di PT. DJITOE INDONESIAN TOBBACO COY. Pendekatan yang digunakan untuk memperbaiki sistem kerja adalah dengan pendekatan Workload dan Human Reliability Assessment. Perbaikan dengan pendekatan workload dilakukan dengan memperbaiki posisi kerja operator pada bagian bahu dan pergelangan tangan sesuai dengan hasil metode Quick Exposure Checklist (QEC). Perbaikan beban kerja mental dilakukan dengan memperbaiki tingkatan kebutuhan fisik dan waktu sesuai dengan metode NASA TLX. Dari beberapa alternatif perbaikan, perbaikan kebutuhan fisik dan waktu menghasilkan peningkatan produktivitas yang paling tinggi. Hal ini dapat dilihat dengan pemodelan secara dinamis dengan software VENSIM. Kata Kunci : Workload, Human Reliability Assesment, QEC, NASA TLX, dan Sistem Dinamik
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Mokh Suef, M.Sc(Eng)
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous