Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Model Pengambilan Keputusan untuk Pengelolaan Persediaan Deteriorating Item (Studi Kasus Bahan Baku Garam Mentah di PT. Susanti Megah)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Model Pengambilan Keputusan untuk Pengelolaan Persediaan Deteriorating Item (Studi Kasus Bahan Baku Garam Mentah di PT. Susanti Megah)
Edition
Call Number 2009/I/23
ISBN/ISSN
Author(s) M Hakul Yakien D.
Subject(s) DECISION MAKING
EPQ
Inventory
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Dalam menentukan kebijakan persediaan, penyusutan barang yang terjadi tidak bisa tidak juga harus diperhatikan (Dye,et.al., 2006). Garam mentah sebagai bahan baku utama pembuatan garam dapur, merupakan suatu item yang mengalami penyusutan seiring dengan berjalannya waktu. Penyusutan yang terjadi pada garam mentah ialah menguapnya garam tersebut seiring dengan waktu. PT. Susanti Megah sebagai produsen garam komersil yang terkemuka, mengalami permasalahan karena garam yang disimpan di gudang akan berkurang dari waktu ke waktu. Model persediaan EPQ digunakan sebagai dasar dari permodelan yang akan dibuat. Laju produksi pada EPQ digantikan oleh laju pengiriman barang oleh supplier. Pembuatan software persediaan dilakukan untuk memudahkan perusahaan dalam pengambilan keputusan. Hasil perhitungan software memunculkan laju penyusutan yang terjadi pada bahan baku garam mentah sebesar 0,00067 ton per hari. Penggunaan waktu siklus optimal software sebesar 5,5 hari dibanding waktu siklus perusahaan sebesar atau 150 hari menghasilkan penurunan biaya harian sebesar 5,65%. Keadaan yang dapat diimplementasikan di perusahaan memakai waktu siklus 6 hari dengan penurunan biaya harian sebesar 5,64%. Kata Kunci : Inventory, Penyusutan, EPQ, Pengambilan Keputusan
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng.,PhD.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous