Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Sistem Pendukung Keputusan pada Sistem Penyimpanan Suku Cadang di Lini Produksi Bagian Produk Dental (Studi Kasus : PT. Unilever Indonesia, Tbk-Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Sistem Pendukung Keputusan pada Sistem Penyimpanan Suku Cadang di Lini Produksi Bagian Produk Dental (Studi Kasus : PT. Unilever Indonesia, Tbk-Surabaya)
Edition
Call Number 2009/I/27
ISBN/ISSN
Author(s) Stanislaus Dwi Widyanto
Subject(s) DECISION SUPPORT SYSTEM
SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Masih banyak perusahaan yang belum memperhatikan masalah optimisasi dalam hal mendesain sistem penyimpanan barang, terutama dari segi penentuan jumlah kebutuhan yang optimum dengan jumlah barang yang harus dipesan. Sistem yang ada hanyalah dilakukan secara manual, dimana semua proses perhitungan berdasarkan pengamatan secara fisik untuk jumlah permintaan barang di masa mendatang. Hal yang sama terjadi pada PT. Unilever Indonesia, Tbk., yaitu sebuah perusahaan consumer goods, terutama pada sistem persediaan spare part untuk sebelas lini produksi bagian Dental yang masih difasilitasi secara manual dan menggunakan sistem (s,S) untuk manajemen persediaannya yang selama ini menimbulkan resiko yang besar untuk terjadi kekurangan (shortage). Penelitian yang dilaksanakan dengan merancang dan mengembangkan model decision support system dengan menggunakan metode ABC untuk mengetahui spare part jenis critical atau non critical, meramalkan permintaan di masa mendatang dengan metode Croston, dan kemudian mengatur jumlah dan saat pemesanan dengan model persediaan (r,r,Q) beserta kalkulasi biaya-biaya persediaan yang ada di dalamnya. Keluaran yang diharapkan dari pembuatan decision support system tersebut adalah perusahaan dapat mengetahui jumlah dan jadwal pemesanan optimal terhadap spare part yang dibutuhkan serta perhitungan biaya persediaannya. Dan pada akhirnya akan mengurangi jumlah terjadinya shortage dan keterlambatan pengiriman dari spare part. Kata kunci : Decision Support System, Metode Croston, Model Persediaan (r,r,Q), Spare part
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Erwin Widodo, ST., M.Eng
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous