Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Optimasi Lokasi Distribusi dengan Pendekatan Analytic Hierarchy Process dan Goal Programming (Studi Kasus : PT. Petrokimia Gresik)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Optimasi Lokasi Distribusi dengan Pendekatan Analytic Hierarchy Process dan Goal Programming (Studi Kasus : PT. Petrokimia Gresik)
Edition
Call Number 2009/I/34
ISBN/ISSN
Author(s) Tetty Dwi Hastiningsih
Subject(s) Distribution
Multi Criteria Decision Making
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT. Petrokimia Gresik merupakan BUMN yang memproduksi pupuk dan bahan kimia lainnya. Saat ini PT. Petrokimia Gresik memiliki produk baru yaitu pupuk petroganik yang akan didistribusikan dari daerah produksi ke gudang penyangga. Penelitian ini mengambil wilayah pendistribusian di Jawa Timur dan Bali. Dalam penelitian ini diterapkan metode Analytic Hierarchy Process untuk memilih gudang penyangga dan metode Goal Programming untuk melakukan optimasi dalam pendistribusiannya. Dari penelitian yang dilakukan, dipilih 30 gudang penyangga dengan bobot prioritas tertinggi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, dengan bantuan software Expert Choice. Optimasi alokasi yang dilakukan dengan software LINGO 8.0, menghasilkan jumlah tonase yang dikirimkan dari setiap pabrik ke gudang penyangga. Selanjutnya dilakukan analisa sensitivitas terhadap hasil pemilihan gudang penyangga dengan merubah bobot tiap kriteria sebesar 5% dan 15%. Dari hasil analisa sensitivitas secara umum diketahui bahwa model tidak sensitif. Analisa sensitivitas juga dilakukan pada hasil optimasi alokasi dengan merubah demand atau jumlah produksi sebesar 5%, 10%, dan 15%. Dari hasil analisa sensitivitas secara umum diketahui bahwa model sensitif. Kata kunci: Distribusi, Analytic Hierarchy Process, Goal Programming
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous