Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Model Integrasi Activity Based Costing (ABC) dan Economic Value Added (EVA) dalam Menganalisa Profitabilitas Ekonomi Jasa Operasi Rumah Sakit (Studi Kasus : Rumah Sakit Umum Aisyayah Ponorogo)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Model Integrasi Activity Based Costing (ABC) dan Economic Value Added (EVA) dalam Menganalisa Profitabilitas Ekonomi Jasa Operasi Rumah Sakit (Studi Kasus : Rumah Sakit Umum Aisyayah Ponorogo)
Edition
Call Number 2009/I/35
ISBN/ISSN
Author(s) Saka Gustama
Subject(s) ACTIVITY BASED COSTING
MANAGERIAL ACCOUNTING
Classification 658.151 1
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Kondisi persaingan usaha jasa layanan rumah sakit di Ponorogo tergolong ketat. Rumah Sakit Aisyiyah Ponorogo menganggap sangat perlu menetapkan harga paket operasi yang lebih transparan sehingga memberikan kepastian kepada pasien dan masyarakat umum. Permasalahannya, harga paket operasi ini dihitung dengan sistem costing tradisional yang menggunakan volume based allocation dalam mengalokasikan biaya overhead terhadap layanan operasi. Besarnya biaya overhead rumah sakit dan banyaknya aktivitas memungkinkan penerapan ABC costing untuk mendapatkan HPP setiap operasi yang diteliti. Penelitian ini dimulai dengan identifikasi aktivitas layanan operasi. Biaya overhead dan modal diperoleh dengan me-review laporan laba rugi dan neraca. Pembebanan biaya overhead terhadap aktivitas dilakukan dengan bantuan matrik EAD (Expense Activity Dependence) sedangkan pembebanan biaya modal terhadap aktivitas dilakukan dengan bantuan matrik ACD (Activity Capital Dependence). Total biaya aktivitas kemudian dialokasikan ke masing-masing operasi dengan bantuan matrik PAD (Product Activity Dependence). Selanjutnya, perhitungan nilai EVA dilakukan terhadap tiap operasi obyek penelitian. Hasil perhitungan HPP Operasi Sesar dengan ABC adalah Rp. 3.125.929,90, Operasi Usus Buntu sebesar Rp. 3.018.574,34 dan Operasi Hernia sebesar Rp. 3.105.819,49. Nilai EVA Operasi Sesar adalah Rp. 68.707.278,01, EVA Operasi Usus Buntu sebesar Rp. 17.895.944,19 dan nilai EVA Operasi Hernia sebesar Rp. 16.558.894,89. Nilai EVA yang positif menunjukkan ketiga operasi tersebut memiliki profitabilitas yang tinggi sehingga dapat menambah shareholder values. Kata Kunci : Activity Based Costing, Economic Value Added, Harga Pokok Produksi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous