Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Implementasi Metode AHP TOPSIS dalam Perangkingan Prioritas Pengerjaan Order dan Penentuan Lintasan Kritis dengan Fuzzy Pert (Studi Kasus : PT. MECO INOXPRIMA)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Implementasi Metode AHP TOPSIS dalam Perangkingan Prioritas Pengerjaan Order dan Penentuan Lintasan Kritis dengan Fuzzy Pert (Studi Kasus : PT. MECO INOXPRIMA)
Edition
Call Number 2009/II/02
ISBN/ISSN
Author(s) Faiqotul Himmah
Subject(s) AHP
Fuzzy PERT
Order Selection
TOPSIS
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT. Meco Inoxprima merupakan perusahaan make to order yang bergerak di bidang pembuatan storage tank dan modifikasinya. Sering kali pesanan yang masuk dalam satu hari jumlahnya lebih dari satu. Karena adanya keterbatasan mesin, maka perlu dilakukan penentuan prioritas pesanan mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Penelitian ini akan membahas tentang pengimplementasian metode AHP TOPSIS dalam perangkingan prioritas pengerjaan order pada PT. Meco Inoxprima tersebut. Pembobotan kriteria dilakukan dengan menggunakan AHP dan perangkingannya dilakukan dengan menggunakan TOPSIS. Selain itu, penelitian ini juga menentukan lintasan kritis terhadap order yang menempati rangking prioritas pertama dengan pendekatan fuzzy PERT. Hasil yang diproleh dari penelitian ini adalah mengetahui pesanan yang menempati peringkat prioritas pertama. Pesanan tersebut adalah Storage Tank 200 liter. Kriteria yang digunakan antara lain : kriteria teknis, waktu, variasi order dan finansial. Waktu penyelesaian pengerjaan pesanan tersebut adalah 1.282,47 menit. Sedangkan aktivitas yang menjadi lintasan kritis dari pengerjaan storage tank tersebut antara lain : pembuatan dish end, pembuatan leg, adjuster leg, base plate, pembuatan semua nozzle, assembly nozzle serta aktivitas finishing. Kata Kunci : pemilihan pesanan, AHP, TOPSIS, fuzzy PERT.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous