Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Peningkatan Efisiensi Pengelolaan Lembaran Plat sebagai Bahan Baku Kapal dengan Metode Lean Six Sigma (Studi Kasus : PT. PAL Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Peningkatan Efisiensi Pengelolaan Lembaran Plat sebagai Bahan Baku Kapal dengan Metode Lean Six Sigma (Studi Kasus : PT. PAL Indonesia)
Edition
Call Number 2009/II/05
ISBN/ISSN
Author(s) M. Ilham Farisi
Subject(s) LEAN SIX SIGMA
Maintenance
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT. PAL Indonesia merupakan salah satu perusahaan negara terkemuka di Indonesia yang bergerak di sektor industri maritim dan produksinya bersifat job order. Dalam mengoptimalkan proses produksi dan potensi sumber daya yang dimiliki, maka dilakukan suatu perbaikan proses yang salah satunya adalah mereduksi waste. Fokus pengamatan pada penelitian ini pada pembangunan kapal Chemical Tanker M259 dengan batasan sampai proses pemotongan. Dalam penelitian ini diterapkan metode Lean Six Sigma dengan menggabungkan metode Lean Thinking dan Six Sigma yang bertujuan dapat mengelola proses menjadi efektif dan effisien. Dengan integrasi ini dimungkinkan dapat mengeliminasi waste yang muncul dan menurunkan variasi proses. Dari hasil penelitian, waste kritis yang dijadikan fokus penelitian yaitu waste waiting dimana waste waiting ini memiliki sub waste berupa loss time pada proses persiapan fabrikasi per block, shop blasting dan shop primer, marking, serta loss time pada proses cutting. Dari hasil RCA dan FMEA didapat usulan perbaikan yaitu membuat interval waktu yang optimum untuk preventive maintenance pada mesin Overhead Crane 5T x 27M dan mesin NC Plasma Cutting. Waktu preventive maintenance yang optimum untuk 5T x 27M Overhead Crane adalah 36 hari sekali, sedangkan untuk mesin NC Plasma Cutting setiap 17 hari sekali.Usulan perbaikan yang kedua adalah pembuatan design label untuk memudahkan operator mengidentifikasi plat setelah proses shop primer Kata kunci: Lean Six Sigma, Maintenance.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nani Kurniati, ST., MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous