Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Manajemen Perubahan Menggunakan Model Change Acceleration Process untuk Implementasi Sistem Jobcard Barcode Automation (Studi Kasus : Base Maintenance, PT. GMF AA)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Manajemen Perubahan Menggunakan Model Change Acceleration Process untuk Implementasi Sistem Jobcard Barcode Automation (Studi Kasus : Base Maintenance, PT. GMF AA)
Edition
Call Number 2009/II/14
ISBN/ISSN
Author(s) Tengku Heriansyah
Subject(s) Change Management
Jobcard Barcode Automation
Classification 658.3
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT. GMF AA sebagai perusahaan MRO (Maintenance, Repair and Overhaul) terbesar di Indonesia, terus mengupayakan perbaikan proses perawatan pesawat dan salah satunya adalah penerapan sistem Jobcard Barcode Automation di unit Base Maintenance. Sistem Jobcard Barcode Automation ini bertujuan untuk mengontrol proses eksekusi perawatan pesawat agar sesuai dengan target waktu penyelesaian perawatan pesawat yang telah direncanakan. Belajar dari kegagalan implementasi proyek-proyek sebelumnya yang disebabkan oleh inkonsistensi dan rendahnya komitmen, maka suatu manajemen perubahan sangat diperlukan agar proses implementasi bisa berjalan dengan lancar. Tujuan penelitian ini adalah merancang buku manajemen perubahan untuk implementasi sistem Jobcard Barcode Automation dengan menggunakan model Change Acceleration Process. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bagian yang paling resisten terhadap perubahan adalah mekanik. Selain itu, diperoleh juga bahwa kebermanfaatan suatu sistem kerja dipengaruhi oleh kemudahan dalam menerapkan sistem kerja (74,6%) dan adanya komitmen manajemen (13,8%). Agar manajemen perubahan berhasil maka diperlukan suatu langkah strategis dalam memobilisasi komitmen terhadap perubahan. Langkah-langkah strategis untuk implementasi sistem Jobcard Barcode Automation meliputi penyadaran akan perlunya perubahan, mendorong komitmen manajemen, menampung aspirasi pekerja, mengembangkan keahlian, menumbuhkan motivasi, meningkatkan koordinasi fungsi kontrol dan melakukan sosialisasi. Untuk mengetahui perkembangan keberhasilan implementasi sistem Jobcard Barcode Automation, maka proses perubahan harus terus diawasi dan dievaluasi hingga pada akhirnya perubahan tersebut dapat diterima secara baik. Kata Kunci : Jobcard Barcode Automation, Base Maintenance, Manajemen Perubahan, Change Acceleration Process
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc.;Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous