Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Prototype Direct Nontification System untuk Meminimasi Pre-Evacuation Time pada Proses Evakuasi Gedung dengan Menggunakan Teknologi Short Messaging Service (SMS) Gateway (Studi Kasus : PT. Otsuka Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Prototype Direct Nontification System untuk Meminimasi Pre-Evacuation Time pada Proses Evakuasi Gedung dengan Menggunakan Teknologi Short Messaging Service (SMS) Gateway (Studi Kasus : PT. Otsuka Indonesia)
Edition
Call Number 2009/II/15
ISBN/ISSN
Author(s) Bobby Adhipradana
Subject(s) K3
Prototype Direct Nontification System
SMS Gateway
Classification 628
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Fase pre-evacuation merupakan tahapan kritis dalam sebuah proses evakuasi di suatu gedung atau bangunan pabrik. Waktu fase pre-evacuation yang besar dapat memperburuk performansi total waktu evakuasi. Tahap terpenting dari fase ini yang sangat mungkin untuk diminimalisasi adalah tahap merespon tanda bahaya untuk kemudian segera melakukan evakuasi. Adanya perbedaan interpretasi terhadap tanda bahaya tersebut menimbulkan waktu respon yang bervariasi. Atas dasar pemikiran tersebut, maka dalam penelitian ini akan dirancang sebuah prototype sistem peringatan langsung yang mampu melakukan verifikasi kondisi aktual dari suatu kemungkinan bahaya. Sistem peringatan langsung berhasil dirancang menggunakan teknologi SMS Gateway. Sistem tersebut diimplementasikan dan diuji dengan membandingkan dua metode sistem evakuasi, yaitu dengan sistem evakuasi buatan yang menyerupai sistem evakuasi existing dan dengan sistem evakuasi usulan yang menggunakan sistem peringatan langsung. Pengujian dilakukan dengan tujuan untuk mengukur waktu respon penghuni gedung dalam menginisialisasi alarm, waktu pre-evacuation, dan total waktu evakuasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua waktu yang diukur dengan sistem evakuasi usulan lebih kecil dari pada dengan sistem evakuasi buatan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa rancangan prototype sistem peringatan langsung dengan pemanfaatan teknologi SMS Gateway mampu memperbaiki waktu respon penghuni gedung dan meningkatkan performansi waktu evakuasi di gedung atau bangunan pabrik. Kata kunci: Waktu pre-evacuation, respon tanda bahaya, sistem peringatan langsung, SMS Gateway
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Arief Rahman, ST., MSc;Ratna Sari Dewi, ST., MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous