Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Human Error yang Berpengaruh pada Cacat Produk dengan Pendekatan Human Reliability Assessment (HRA) (Studi Kasus : PT. Energi Multitech Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Human Error yang Berpengaruh pada Cacat Produk dengan Pendekatan Human Reliability Assessment (HRA) (Studi Kasus : PT. Energi Multitech Indonesia)
Edition
Call Number 2009/II/20
ISBN/ISSN
Author(s) Iva Parastutik
Subject(s) Human Reliability Assessment
Workload
Classification 658.151 1
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Kehadiran LPG semakin dibutuhkan oleh semua kalangan masyarakat akibat adanya konversi minyak tanah ke gas oleh pemerintah. Oleh karena itu kualitas akan tabung LPG harus selalu diperhatikan terutama oleh perusahaan yang memproduksinya. PT.Energi Multitech Indonesia (PT.EMI) merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi kompor dan tabung LPG ( Liquefied Petroleum Gas ) yang mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap kualitas tabung LPG yang digunakan masyarakat. Berdasakan data inspeksi yang ada, kebocoran pada daerah neck ring merupakan salah satu cacat produk terbanyak yang ditemukan pada tabung LPG, oleh karena itu dilakukan pengamatan pada proses produksi las neck ring dan leak test yang merupakan proses yang paling berpengaruh terhadap kerusakan-kerusakan produk terbanyak tersebut. Manusia merupakan salah satu faktor utama penentu keberhasilan suatu proses. Oleh karena itu akan dihitung peluang terjadinya kesalahan-kesalahan operator dalam tugasnya dan keandalan operator dengan menggunakan analisa Human Reliability Assessment (HRA) metode Human Error Assessment and Reduction Technique (HEART). Sebelumnya akan dihitung beban kerja fisik operator dengan menggunakan metode pengukuran waktu kerja dan penilaian resiko posisi kerja dengan metode Quick Exposure Checklist (QEC). Dari hasil pengukuran beban kerja didapatkan kesimpulan bahwa beban kerja operator las neck ring dan leak test tergolong tinggi dan posisi kerja operator leak test kurang baik. Dari hasil HRA, didapatkan human error terbesar yang terjadi pada operator las neck ring adalah dalam tugasnya tidak membersihkan daerah kawat las dengan nilai Human Error Probability (HEP) 0,562. Perbaikan yang mungkin dilakukan meliputi penentuan jumlah operator yang optimal, perbaikan posisi kerja, dan perbaikan suhu lingkungan. Kata Kunci : Beban Kerja, Human Reliability Assessment, HEART.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nani Kurniati, ST., MT;Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous