Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Alat Bantu Pengambilan Keputusan Pengelolaan Sparepart pada Provisioning 737 NG (Studi Kasus : PT. GMF Aeroasia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Alat Bantu Pengambilan Keputusan Pengelolaan Sparepart pada Provisioning 737 NG (Studi Kasus : PT. GMF Aeroasia)
Edition
Call Number 2009/II/24
ISBN/ISSN
Author(s) Bahauddin Amala
Subject(s) DECISION SUPPORT SYSTEMS
Sparepart
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Inventory merupakan aset yang harus dikelola dengan baik. Kelebihan inventory akan meningkatkan biaya dan kekurangan inventory akan mengganggu proses produksi. Inventory yang berupa sparepart dengan tipe repairable memiliki karakteristik yang berbeda dengan inventory pada umumnya yang menyebabkan pengelolaanya lebih rumit. Untuk mengelola sparepart repairable dibutuhkan dua elemen utama yakni proses perbaikan dari sparepart jika mengalami kerusakan, dan adanya stock untuk mengganti sparepart yang mengalami kerusakan. Dalam industri penerbangan terdapat istilah pooling component sebagai salah satu alternatif pengelolaan inventory. Metode ini mengurangi lead time proses perbaikan sparepart karena sparepart yang rusak akan segera digantikan dengan sparepart yang dapat dipakai. Penelitian ini merancang suatu alat bantu pengambilan keputusan apakah sparepart diperbaiki sendiri oleh perusahaan atau dilakukan mekanisme pooling. Hasilnya, pada kelompok sparepart workshop capability, biaya minimal didapatkan ketika sebagian sparepart dipoolingkan dan sebagian dikerjakan sendiri. Untuk sparepart workshop non capability, didapatkan nilai target opportunity revenue sehingga pengerjaan sendiri menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Kata kunci: Sparepart, Decision Support System, Pooling komponen
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng.;Ratna Sari Dewi, ST., MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous