Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Aplikasi Metode Particle Swarm Optimization (PSO) dalam Clustering (Studi Kasus : Penentuan Karakteristik Segmentasi Pasar Pulsa di Surabaya Timur)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Aplikasi Metode Particle Swarm Optimization (PSO) dalam Clustering (Studi Kasus : Penentuan Karakteristik Segmentasi Pasar Pulsa di Surabaya Timur)
Edition
Call Number 2009/II/26
ISBN/ISSN
Author(s) Nanik Utami
Subject(s) Clustering
Data Mining
Particle Swarm Optimization
Classification 006
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Banyaknya kebutuhan masyarakat akan pulsa yang belum dapat terpenuhi dengan keberadaan produk yang ada dipasaran dikarenakan adanya segmentasi pasar yang kurang tepat. Kesalahan dalam mensegmentasikan dapat berasal dari kesalahan pengumpulan data. Data yang berjumlah besar akan dapat membantu mensegmentasikan, akan tetapi data dalam jumlah besar akan sangat sulit dikelola secara manual. Untuk mengatasi hal ini, maka digunakanlah metode data mining. Dalam penelitian ini dicoba PSO untuk clustering. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa metode PSO Clustering merupakan metode yang lebih baik daripada metode K-Means. Hal ini dikarenakan nilai SSE PSO lebih kecil dibandingkan K-Means. Dari 3 klaster yang terbentuk, ada persamaan segmentasi, yaitu terkait dengan data demografi (tidak berpengaruh signifikan terhadap pemilihan produk), sehingga strategi Pemasaran difokuskan pada segmentasi berdasarkan Perilaku Konsumen. Pada penelitian ini value yang ditawarkan adalah “Mudahkan Komunikasimu”, yaitu nilai untuk sebuah kemudahan dalam berkomunikasi ketika konsumen menggunakan produk baru. Dalam mencapai nilai tersebut, ada beberapa strategi yang digunakan, diantaranya adalah tidak ada syarat dan batas masa tenggang, nilai nominal pulsa/voucher/paket adalah akumulatif, dan sebagainya. Kata kunci : Clustering, Particle Swarm Optimization, Segementasi Pasar.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Budisantoso W., M.Eng;Ir. Budi Santosa, M.S, Ph.D
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous