Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penerapan Lean Production dan Simulasi pada Sistem Produksi Tabung Gas LPG 3 Kg (Studi Kasus : PT energi Multitech Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penerapan Lean Production dan Simulasi pada Sistem Produksi Tabung Gas LPG 3 Kg (Studi Kasus : PT energi Multitech Indonesia)
Edition
Call Number 2009/II/27
ISBN/ISSN
Author(s) Cindy Ayuningtyas
Subject(s) Lean Production
Simulation
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Lean production merupakan metode untuk meningkatkan produktivitas, kualitas, dan responsiveness perusahaan melalui usaha pengurangan waste, dan continuous improvement. Simulasi merupakan suatu tools yang digunakan sebagai alat evaluasi atas berhasil atau tidaknya penerapan lean dalam suatu perusahaan. Perpaduan antara penerapan lean yang berkelanjutan dengan simulasi yang selalu dilakukan akan memperkuat keberhasilan proses continous improvement tersebut. Penelitian tugas akhir ini, dilakukan di PT Energi Multitech Indonesia (PT EMI). Perusahaan ini memproduksi tabung gas LPG 3 kg. Pada penelitian ini akan dibahas tentang implementasi lean production di lantai produksi dengan identifikasi waste menggunakan VALSAT, kemudian dilakukan evaluasi terhadap implementasi tersebut dengan tools berupa simulasi dengan menggunakan software ARENA. Dari hasil identifikasi tersebut diketahui bahwa non-value added time banyak disebabkan oleh defect, waiting, dan transportation. Beberapa alternatif perbaikan direkomendasikan untuk mengatasi waste yang terjadi dilantai produksi. Dari hasil penelitian maka diperoleh penurunan WIP sebesar 3.250 atau 27.8% dan peningkatan output sebesar 2.250 atau sebesar 10.7%. Kata kunci : lean production, VALSAT, value stream mapping, simulation.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Budisantoso W., M.Eng;Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous