Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengukuran Produktivitas Menggunakan Total Productivity Model pada Produk Pipe Fitting (Studi Kasus PT XYZ Gedangan-Sidoarjo)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengukuran Produktivitas Menggunakan Total Productivity Model pada Produk Pipe Fitting (Studi Kasus PT XYZ Gedangan-Sidoarjo)
Edition
Call Number 2009/II/28
ISBN/ISSN
Author(s) Fila Fadilah
Subject(s) PRODUCTIVITY MEASUREMENT
Total Productivity Model
Classification 658.155
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT XYZ merupakan perusahaan bergerak dalam bidang pembuatan komponen mesin industri, automobile, dan pipe fitting. Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang ekspor, terjadinya krisis global akan mengganggu tingkat actual produksi produk. Terutama untuk produk pipe fitting, produk ini merupakan salah satu produk yang diekspor perusahaan ke Jepang. Dengan semakin menurunnya aktual produksi, maka mengharuskan perusahaan melakukan penghematan pengeluaran. Salah satu penghematan pengeluaran yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan efisiensi terhadap sumber daya produksi atau input. Salah satu pendekatan yang digunakan untuk mengidentifikasi efisiensi faktor input terhadap output yang dihasilkan adalah dengan melakukan pengukuran produktivitas. Pnegukuran produktivitas terbagi menjadi tiga yaitu pengukuran produktivitas parsial, produktivitas total faktor , dan produktivitas total. Pada penelitian tugas akhir ini digunakan Total Productivity Model, dimana semua faktor input yang mempengaruhi faktor output diukur produktivitas dan tingkat efisiensinya. Kemudian setelah itu, dievaluasi satu faktor input yang tingkat efisiensinya paling rendah dan dievaluasi juga penyebab ketidakefisienan tersebut. Setelah itu dilakukan rencana perbaikan untuk meningkatkan produktivitasnya. Dari hasil pengukuran dan evaluasi yang dilakukan didapatkan satu faktor input yang kurang efisien yaitu material input. Dimana saat terjadi penurunan produktivitas terutama pada periode Februari-Maret 2009 terjadi peningkatan penggunaan input sebesar 14.25%. Maka dari itu dievaluasi penyebab penurunan efisiensi material pada setiap proses produksi menggunakan Root Cause Analysis. Setelah itu disusun rencana perbaikan. Kata Kunci: Pengukuran Produktivitas, Siklus MEPI, Produktivitas Parsial, Total Productivity Model.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Syarifa Hanoum, ST., MT.;Dr. Ir. Moses L. Singgih, M.Sc.;M.Reg.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous