Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Prototype Safety Knowledge Management untuk Meningkatkan Performansi Program K3 (Studi Kasus : Pabrik I Amonia PT. Petrokimia Gresik)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Prototype Safety Knowledge Management untuk Meningkatkan Performansi Program K3 (Studi Kasus : Pabrik I Amonia PT. Petrokimia Gresik)
Edition
Call Number 2009/II/30
ISBN/ISSN
Author(s) Eny Yuli Astutik
Subject(s) K3
Prototype Safety Knowledge Management
Classification 628
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Keselamatan kerja (safety) menjadi faktor yang sangat penting dalam menjamin kesejahteraan pekerja. Safety menjadi program yang wajib dalam kegiatan operasional maupun manajerial dalam suatu perusahaan. Dalam menjalankan program safety, terdapat salah satu faktor penting, yaitu safety knowledge management yang diperlukan untuk menjaga safety knowledge agar tidak hilang karena job rotation. Pengelolaan knowledge di bidang safety belum banyak dikembangkan di Indonesia. Hal ini menyebabkan kerangka dalam implementasi safety knowledge management belum terbentuk. Penelitian ini mengusulkan sebuah kerangka eksplorasi safety knowledge yang menggunakan tahap-tahap dalam job hazard analysis dan risk assessment. Job hazard analysis memberikan output berupa hazard yang terdapat dalam setiap uraian pekerjaan. Output ini kemudian dievaluasi tingkat risikonya dengan menggunakan risk assessment. Studi kasus yang dianalisa dalam penelitian ini adalah Pabrik I Amonia PT. Petrokimia Gresik. Perusahaan tersebut pada dasarnya sudah mulai menerapkan knowledge management sebagai upaya perlindungan aset dan untuk meningkatkan pengetahuan dalam internal perusahaan, namun knowledge management tersebut belum terintegrasi sesuai tujuan dan peran yang ingin dicapai perusahaan. Dalam penelitian ini diperoleh 8 hazard dengan tingkat risiko yang tidak dapat diterima oleh perusahaan dan 6 hazard yang masih bisa diterima oleh perusahaan. Dari 14 hazard tersebut diperoleh 14 knowledge mengenai pencegahan dan penanganan hazard serta 8 knowledge tentang penggunaan alat pelindung diri yang benar. Selanjutnya, knowledge tersebut dieksternalisasi menjadi sebuah dokumen standar, video, dan atau narasi sesuai dengan kebutuhan dan kemudahan dalam penyampaiannya. Pada tahap akhir, knowledge tersebut dimasukkan ke dalam repository sebagai media penyimpanan. Kata kunci : Job Hazard Analysis, Risk Assessment, Safety Knowledge Management
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Arief Rahman, ST., M.Sc.;Ratna Sari Dewi, ST., MT.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous