Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pemodelan Rule-Based Discrete Event Simulation untuk Penataan Petikemas di Lapangan Petikemas Memanfaatkan Informasi dari Sistem Rfid (Studi Kasus : PT. Terminal Petikemas Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pemodelan Rule-Based Discrete Event Simulation untuk Penataan Petikemas di Lapangan Petikemas Memanfaatkan Informasi dari Sistem Rfid (Studi Kasus : PT. Terminal Petikemas Surabaya)
Edition
Call Number 2009/II/32
ISBN/ISSN
Author(s) R. Hadi Wahyuono
Subject(s) Discrete Simulation
Logistic Management
Classification 658.7
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Petikemas akan disimpan sementara di terminal petikemas sebelum dikirim ke luar negeri. Peletakan petikemas memperhitungkan faktor tujuan, jenis, berat, dan ukuran dari suatu petikemas serta jadwal pengiriman kapal pengangkut. Apabila peletakan tidak sesuai, maka akan menimbulkan pemindahan yang sia-sia atau disebut sebagai unnecessary shifting. Pemindahan tersebut merupakan sesuatu yang tidak diharapkan dan memiliki pengaruh yang besar terhadap pihak terminal petikemas. Permasalahan peletakan petikemas di lapangan petikemas merupakan pre-marshalling problem (PMP). Untuk menyelesaikan permasalahan penataan petikemas akan dikembangkan model simulasi diskrit. Pemodelan simulasi diskrit dilakukan untuk menggambarkan sistem operasi terminal petikemas dengan memanfaatkan informasi dari sistem RFID serta dikembangkan algoritma penataan pada model simulasi diskrit tersebut dan mengevaluasi hasil simulasi berupa skenario-skenario untuk penataan petikemas. Dalam mengembangkan model simulasi digunakan software Arena 5.0 dengan dikombinasikan Aplikasi Visual Basic (VBA). Kata kunci : lapangan petikemas, pre-marshalling problem (PMP), simulasi diskrit.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng;Ira Prasetyaningrum, S.Si., MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous