Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengukuran Performansi dan Efisiensi dengan Menggunakan Balance Scorecard dan Data Envelopment Analysis Berdasarkan Kriteria Balance Scorecard (Studi Kasus : PLN APJ Sidoarjo)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengukuran Performansi dan Efisiensi dengan Menggunakan Balance Scorecard dan Data Envelopment Analysis Berdasarkan Kriteria Balance Scorecard (Studi Kasus : PLN APJ Sidoarjo)
Edition
Call Number 2009/II/34
ISBN/ISSN
Author(s) Selvi Kurniawati Sucipto
Subject(s) Balance Scorecard
Data Envelopment Analysis
Productivity
Classification 658.401 2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Saat ini listrik sudah menjadi kebutuhan vital bagi masyarakat. Namun PLN sebagai pemegang utama kuasa usaha ketenagalistrikan memiliki keterbatasan daya listrik yang dapat didistribusikan. Masyarakat tidak menyadari akan keterbatasan daya ini, tetapi justru menilai PLN memiliki kinerja yang buruk. Oleh karena itu, agar PLN dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan baik, PLN perlu melakukan peningkatkan kinerja dan efisiensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja dengan menggunakan Balance Scorecard (BSC) dan efisiensi Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) PLN dengan menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA) berdasarkan kriteria BSC. Penggunaan BSC bertujuan untuk mengetahui nilai KPI yang memiliki kinerja buruk, sedangkan penggunaan DEA bertujuan untuk mengukur tingkat efisiensi DMU. Dari hasil pengukuran BSC, yang memiliki kinerja buruk dengan indikator system traffic light warna merah adalah UPJ Porong dan Sidoarjo. Perbaikan yang dapat dilakukan salah satunya pada susut jaringan adalah dengan penekanan jumlah pencurian listrik. Sedangkan dari perhitungan DEA berdasarkan kriteria BSC unit yang inefisien adalah DMU Porong pada perspektif customer dan learning and growth serta DMU Sidoarjo pada perspektif process bussines internal. Perbaikan yang dapat dilakukan salah satunya pada UPJ Porong adalah dengan meningkatkan pencapaian data usaha sebesar 18.56% sehingga UPJ Porong dapat meningkatkan efisiensinya hingga mencapai 1. Kata kunci : balanced scorecard, data envelopment analysis, pengukuran kinerja, produktivitas
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Moses L Singgih, MSc., MRegSc., PhD
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous