Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Reduksi Waste Menggunakan Konsep Lean Thinking untuk Mempercepat Lead time Produksi (Studi Kasus : UD. Budi Lestari, Ponorogo)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Reduksi Waste Menggunakan Konsep Lean Thinking untuk Mempercepat Lead time Produksi (Studi Kasus : UD. Budi Lestari, Ponorogo)
Edition
Call Number 2009/II/37
ISBN/ISSN
Author(s) Budiono
Subject(s) Lead Time Production
Lean Thinking
Classification 658.5
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info UD.Budi Lestari adalah sebuah perusahaan pengolahan kayu jati yang berlokasi di Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia. Produk andalan perusahaan adalah pintu panel jati solid. Pangsa pasar produk ini mulai dari Ponorogo, Magetan, Madiun hingga ke Sidoarjo dan Surabaya. Lead time produksi produk pintu jati solid sebesar 886,41 menit dengan waktu proses produksi 731,41 menit. Penelitian ini menggunakan tahapan Define, Measure, Analyze, Improve dan Control (DMAIC). Tahap Define dimulai dari pengumpulan data permintaan produk, identifikasi waste dan identifikasi tipe aktifitas. Pada tahap Measure dilakukan penghitungan waktu proses produksi menggunakan stopwatch time study serta waktu non operasi yang berkaitan dengan lead time, membuat Big Picture Mapping. Pada tahap Analyze dilakukan analisa menggunakan Root Cause Analysis (RCA) untuk mengetahui akar penyebab terjadinya waste. Pada tahapan Improve diberikan usulan perbaikan dan pada tahap Control dilakukan penghitungan ulang terhadap waktu proses produksi, lead time produksi, tipe aktifitas dan Big Picture Mapping. Hasilnya waktu proses produksi berkurang menjadi 530,49 menit dan lead time produksi berkurang menjadi 665,49 menit. Kata kunci: E-DOWNTIME, Lead Time Produksi, Lean Thinking, Stopwatch Time Study, Waste
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Mokh Suef, M.Sc(Eng)
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous