Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Algoritma Heuristik untuk Penjadwalan dan Konsolidasi Pengiriman BBM dengan Mempertimbangkan Level Persediaan (Studi Kasus : Instalasi Surabaya Group Pertamina UPMS V)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Algoritma Heuristik untuk Penjadwalan dan Konsolidasi Pengiriman BBM dengan Mempertimbangkan Level Persediaan (Studi Kasus : Instalasi Surabaya Group Pertamina UPMS V)
Edition
Call Number 2009/II/38
ISBN/ISSN
Author(s) Abraham Setiawan
Subject(s) Algoritma Heurustik
Consolidation
Level Supply
Classification 658.7
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pertamina UPMS V adalah perusahaan yang bertugas memasok BBM ke sejumlah 303 Stasiun Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di Jawa Timur. Dalam melakukan distribusi BBM, pihak Pertamina dibantu oleh Patra Niaga dalam mengatur penyewaan mobil tangki yang berjumlah 82 kendaraan. Sehari-hari, pihak Patra Niaga melakukan kegiatan pendistribusian BBM dengan masih bersifat subyektif dan manual. Kendala akan hal itu adalah dari segi pemenuhan order permintaan yang masih terlambat, penjadwalan pengiriman yang masih bersifat manual maupun penggunaan mobil tangki yang kurang optimal. Dalam penelitian ini mencoba mengembangkan model algoritma pengiriman yang bertujuan untuk penentuan jumlah pengiriman BBM premium ke SPBU dengan mempertimbangkan level persediaan. Dalam penelitian ini digunakan metode savings matrix dan konsep konsolidasi untuk penentuan konsolidasi pengiriman. Dari penelitian ini didapat penghematan total biaya pengiriman sebesar 25,074 % . Sedangkan dari perbandingan beberapa skenario kendaraan, didapat bahwa dengan skenario pertama menghasilkan total biaya pengiriman terkecil dengan penghematan sebesar 27,5%. Kata Kunci : Level Persediaan, Metode Savings Matrix, Konsolidasi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous