Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pemilihan Alternatif Rancangan Proses Implementasi Sistem Barcode pada Unit Base Maintenance Support PT. Garuda Maintenance Facilities Aero Asia (PT. GMF AA)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pemilihan Alternatif Rancangan Proses Implementasi Sistem Barcode pada Unit Base Maintenance Support PT. Garuda Maintenance Facilities Aero Asia (PT. GMF AA)
Edition
Call Number 2009/II/55
ISBN/ISSN
Author(s) Sulham Rimaleo R.P.
Subject(s) Barcode System
Design Process
MCDM
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pada Industri Jasa Perawatan dan Perbaikan Pesawat terbang, utilitas manhours menjadi persoalan kritis yang sangat menentukan peningkatan pendapatan perusahaan. Selama ini proses pencatatan manhours yang ada di PT GMF AA dilakukan secara manual, hal ini membuat data manhours yang tercatat menjadi tidak akurat (unsur rekayasa dan subjektifitas), dan diperparah dengan fungsi supervisi yang tidak berjalan dengan baik. Selain itu dengan mekanisme manual ini membuat record manhours yang ada tidak aktual, sehingga informasi manhours yang dibutuhkan tidak bisa didapatkan sewaktu-waktu. Permasalahan diatas membuat PT GMF AA, terus melakukan upaya-upaya untuk dapat meningkatkan nilai utilitas manhours sekaligus menghilangkan unsur rekayasa dan subjektifitas dalam me-record manhours, yaitu dengan memperbaiki mekanisme yang ada. Salah satu upayanya adalah dengan menerapkan Sistem Barcode. Dalam pengimplementasian sistem Barcode ini dibutuhkan adanya suatu Rancangan proses Implementasi Sistem Barcode. Pada penelitian ini dibuat beberapa alternatif rancangan Implementasi Sistem Barcode yang selanjutnya disimulasikan dan dilakukan pemilihan dengan menggunakan beberapa kriteria eveluasi untuk mendapatkan alternatif terbaik. Dari hasil pemilihan tersebut didapatkan alternatif yang terpilih adalah alternatif 7, yaitu proses scanning yang dilakukan oleh unit Production dengan menggunakan 2 Wireless dan 2 Cable Barcode Gun. Selanjutnya dari alternatif tersebut dikembangkan menjadi suatu rancangan proses Implemntasi Sistem Barcode. Kata kunci : utilitas manhours, Sistem Barcode, Rancangan Proses
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc;Yudha Andrian, ST.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous