RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Pengembangan Rancang Bangun Game Edukasi Logistik untuk Penataan Kontainer di Bay Kapal |
Edition | |
Call Number | 2009/II/56 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Hendriyono Rachman |
Subject(s) | Game Education Logistic |
Classification | 658.7 |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Jurusan Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2009 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | |
Specific Detail Info | Pengembangan game edukasi yang dibuat fokus pada permasalahan yang terjadi pada manajemen pelabuhan utamanya pada permasalahan loading kontainer di suatu bay kapal. Permasalahan dalam perencanaan loading di bay kapal biasa disebut dengan Master Bay Plan Problem (MBPP). Kompleksitas dari permasalahan MBPP dapat dilihat dari konstrain yang ada, yaitu berat kontainer, tujuan kontainer, ukuran kontainer, tipe kontainer, dan aturan peletakan kontainer. Studi kasus serta evaluasi yang terdapat dalam pengembangan game ini disesuaikan dengan konteks teori dan juga kondisi nyata yang terjadi pada penataan kontainer di bay kapal. Rancang bangun dari game yang dibuat dalam penelitian ini dinamakan StowaGame. StowaGame adalah game edukasi berbasis simulasi terkait dengan penataan kontainer di bay kapal. Perangkat lunak yang dibuat telah mampu menerjemahkan pengetahuan dari MBBP ke dalam game edukasi sesuai dengan batasan dan asumsi dalam penelitian ini. Unsur edukasi dari game telah diujikan kepada tester game dan dibuktikan dengan uji statistik ANOVA. Pengetahuan dari tester akan diuji sebelum dan sesudah memainkan game. Perhitungan uji ANOVA menghasilkan p-value < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa game edukasi yang dibuat mampu memberikan edukasi yang signifikan terkait dengan penataan kontainer di bay kapal. Kata kunci: Game edukasi, Master Bay Plan Problem, Penataan kontainer. |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Dr. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng |
Volume | 1 |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |