Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Aplikasi Metode ANP dan TOPSIS dalam Penentuan Industri Manufaktur Unggulan serta Strategi Pengembangan (Studi Kasus : Kotamadya Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Aplikasi Metode ANP dan TOPSIS dalam Penentuan Industri Manufaktur Unggulan serta Strategi Pengembangan (Studi Kasus : Kotamadya Surabaya)
Edition
Call Number 2009/II/57
ISBN/ISSN
Author(s) Mirza Kharisma Salman
Subject(s) ANP
Manufacturing Industries
STRATEGIC MANAGEMENT
Classification 658.5
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Sektor industri manufaktur di Surabaya merupakan sektor unggulan karena konstribusi PDRB yang besar dan mampu menyerap ribuan tenaga kerja, akan tetapi pada 2007 terjadi penurunan PDRB industri manufaktur Surabaya. Dalam upaya mempercepat proses industrialisasi untuk mendukung pembangunan ekonomi nasional, perlu dilakukan penentuan industri-industri prioritas sehingga pengembangannya akan lebih fokus dan terarah. Penelitian ini menggunakan beberapa metode. Penggunaan Location Quotient (LQ) dan perbandingan pertumbuhan untuk membandingkan kemampuan suatu sektor industri dalam skala nasional, sehingga didapatkan alternatif sektor industri yang akan dipilih. Selanjutnya penentuan prioritas alternatif menggunakan metode multi kriteria karena suatu industri dapat memiliki nilai yang baik dalam dalam satu kriteria tetapi belum tentu bernilai baik untuk kriteria yang lain. Metode multi kriteria yang digunakan adalah Analytic Network Process (ANP) untuk mendapatkan bobot yang memperhitungkan hubungan antar kriteria, sedangkan perangkingan alternatif menggunakan Technique for Order Preference by Similiar to Ideal Solution (TOPSIS) yang memperhitungkan solusi idealnya. Dari hasil penelitian, Industri Penerbitan, Percetakan dan Reprodusi Media Rekaman merupakan sektor yang paling unggul dan ditetapkan sebagai pilot project, sehingga dirumuskan strategi pengembangannya menggunakan analisa Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats (SWOT). Kata kunci: Industri Manufaktur, LQ , ANP, TOPSIS, SWOT
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous