Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluation and Improvement on Manual Handling Activity to Decrease Accident Cost (Case Study : Sterilization Departement and Molding Department of PT. Otsuka Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluation and Improvement on Manual Handling Activity to Decrease Accident Cost (Case Study : Sterilization Departement and Molding Department of PT. Otsuka Indonesia)
Edition
Call Number 2009/II/59
ISBN/ISSN
Author(s) Tita Aninditha
Subject(s) ERGONOMIC
Manual Handling Activity
Classification 620.82
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Aktivitas manual handling merupakan salah satu bagian penting dari ilmu ergonomi. Aktivitas ini lebih dari sekedar pengangkatan beban dan dapat memberikan pengaruh tidak hanya kepada punggung saja, tetapi juga bagian tubuh yang lain. Beberapa risiko dari aktivitas manual handling dapat menyebabkan cidera, yang pada akhirnya dapat menyebabkan operator tidak dapat melakukan aktivitasnya secara normal. Hilangnya waktu kerja yang dikarenakan operator tidak dapat bekerja tentu saja menyebabkan perusahaan harus membayar biaya-biaya yang biasa disebut dengan accident cost. Posisi kerja operator ketika melaksanakan kerja memberikan pengaruh yang cukup penting dalam penyebab terjadinya cidera. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis accident cost di departemen sterilisasi dan departemen molding PT Otsuka Indonesia dengan mempertimbangkan aspek posisi kerja operator. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Quick Exposure Checklist (QEC) untuk menemukan penyebab cidera dan sekaligus menjadi dasar dalam pemberian rekomendasi untuk perusahaan. Rekomendasi yang diberikan untuk aktivitas manual handling akan dianalisis dengan menggunakan software Mannequin Pro V10.2. Selain itu, implementasi dari rekomendasi yang dipilih akan dibandingkan dengan kondisi existing, sehingga perusahaan dapat mengetahui perbedaan accident cost sebelum dan sesudah perbaikan posisi kerja. Perbandingan antara kondisi existing dan kondisi perbaikan dilakukan dengan menggunakan software Ventana Simulation. Skenario perbaikan pada departemen sterilisasi dapat mengurangi momen pada posisi kerja sebanyak 24%. Di lain pihak, implementasi skenario perbaikan pada departement molding dapat mengurangi momen pada posisi kerja sebanyak 52%. Kata kunci: Aktivitas manual handling, posisi kerja, Quick Exposure Checklist.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sritomo Wignjosoebroto, M.Sc;Adhitya Sudiarno, ST. MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous