Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Metode Pengukuran Waktu Standar dengan Menggunakan Formulasi untuk Perusahaan Engineering to Order (ETO) dan Job Shop (Studi Kasus : PT. Alstom Power Esi)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Metode Pengukuran Waktu Standar dengan Menggunakan Formulasi untuk Perusahaan Engineering to Order (ETO) dan Job Shop (Studi Kasus : PT. Alstom Power Esi)
Edition
Call Number 2009/II/60
ISBN/ISSN
Author(s) Pujiyanti Catur Novitasari
Subject(s) Standart Time
Classification 658.202
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Saat ini pengukuran waktu standar dikelompokkan menjadi lima metode dimana kelima metode tersebut kurang bisa diaplikasikan pada PT.ALSTOM Power ESI yang memiliki karakteristik proses produksi perusahaan engineering to order (ETO) dan job shop yaitu proses singkat/pendek, non-repetitive, dan task bervariasi. Sehingga perlu dilakukan pengembangan metode pengukuran waktu standar yang memiliki fleksibilitas dalam pengukurannya. Pengembangan metode tersebut berupa formulasi yang digunakan sebagai standarisasi dalam penentuan waktu proses. Penelitian diawali dengan observasi lapangan untuk mendapatkan waktu actual, allowance, dan performance rating pekerja. Selanjutnya dibuat suatu time driver yang berfungsi sebagai acuan dalam penentuan formulasi pengukuran waktu standar. Time driver pada penelitian ini berupa volume filler pengelasan. Formulasi yang dirancang berupa pendekatan matematis yang menghubungkan antara time driver dengan waktu proses. Dalam penelitian ini juga dirancang alat bantu perhitungan waktu standar dengan program VBA. Kata Kunci: Waktu Standar, Time Driver, Allowance, Performance Rating, Fleksibilitas
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, MT;Adhitya Sudiarno, ST., MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous