Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Studi Perencanaan Rute Optimal Busway Koridor Utara-Selatan Surabaya
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Studi Perencanaan Rute Optimal Busway Koridor Utara-Selatan Surabaya
Edition
Call Number 2009/II/69
ISBN/ISSN
Author(s) Tri Sari Wijayanti
Subject(s) Route
Trip Distributiom
Classification 658.7
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2009
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pemerintah Kota Surabaya saat ini sedang mengembangkan suatu perencanaan transportasi perkotaan dengan sistem angkutan umum massal, BRT (Bus Rapid Transit) yang lebih dikenal dengan busway. Perencanaan tersebut dilakukan untuk mengatasi permasalahan kemacetan dimana pertumbuhan lalu lintas yang ada melebihi kemampuan penyediaan ruang jalan. Penentuan rute busway yang efektif sangat diperlukan dalam kaitannya untuk optimalisasi pelayanan masyarakat. Dalam penelitian ini dilakukan tahapan pemodelan transportasi Trip Generation dan Trip Distribution untuk mendapatkan jumlah pergerakan pada setiap zona, dalam hal ini kecamatan yang ada di Surabaya pada tahun rencana operasi. Untuk mendapatkan rute optimal, digunakan metode Goal Programming yang diselesaikan dengan software Lindo yang ditujukan untuk menyelesaikan tiga fungsi objektif yang diberikan, yaitu minimasi total transit user time, minimasi total transit operator cost, dan maksimasi total demand. Dari hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan rute optimal untuk arah Ahmad Yani – Tanjung Perak adalah Rute 1e (Jl. Jend. Ahmad Yani – Jl. Wonokromo – Jl. Raya Darmo – Jl. Urip Sumoharjo – Jl. Basuki Rahmat – Jl. Embong Malang – Jl. Blauran – Jl. Bubutan – Jl. Tembaan – Jl. Kebon Rojo – Jl. Indrapura – Jl. Tanjung Perak Barat), yang menghasilkan total transit user time sebesar 20.383,49 jam, total transit operator cost sebesar Rp 116.252.382,89, total demand sebesar 45.331, headway sebesar 1,3790 menit, dan fleet size yang dibutuhkan sebesar 26 bus. Sedangkan untuk arah Tanjung Perak – Ahmad Yani adalah Rute 2e (Jl. Tanjung Perak Timur – Jl. Rajawali – Jl. Jembatan Merah – Jl. Veteran – Jl. Pahlawan – Jl. Kramat Gantung – Jl. Gemblongan – Jl. Tunjungan – Jl. Gubernur Suryo – Jl. Yos Sudarso – Jl. Gubeng Pojok – Jl. Pemuda – Jl. Panglima Sudirman – Jl. Urip Sumoharjo – Jl Darmo – Jl. Wonokromo – Jl. Jend Ahmad Yani), yang menghasilkan total transit user time sebesar 22.757,58 jam, total transit operator cost sebesar Rp 121.886.088,06, total demand sebesar 44.853, headway sebesar 1,3790 menit, dan fleet size yang dibutuhkan sebesar 29 bus. Kata kunci : Rute, Trip Generation, Trip Distribution, Goal Programming
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Yudha Presetyawan, ST., M.Eng
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous