Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Model Matematis untuk Penjadwalan Rute Kendaraan Cross Docking dalam Rantai Pasok dengan Mempertimbangkan Batasan Kelas Jalan dan Kendaraan yang Heterogen
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Model Matematis untuk Penjadwalan Rute Kendaraan Cross Docking dalam Rantai Pasok dengan Mempertimbangkan Batasan Kelas Jalan dan Kendaraan yang Heterogen
Edition
Call Number 2010/03
ISBN/ISSN
Author(s) Ahmad Fatih Fudhla
Subject(s) Cross Docking
SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
Vehicle Routing
Classification 658.7
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation 25 cm
Abstract/Notes
Specific Detail Info Salah satu faktor terpenting dalam pelaksanaan manajemen rantai pasok adalah mengontrol aliran fisik rantai pasokan secara efisien. Karena pentingnya hal tersebut, banyak perusahaan yang berusaha untuk mengembangkan metode yang efisien untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengurangi biaya. Di berbagai metode, cross-docking dianggap sebagai metode yang baik untuk mengurangi persediaan dan meningkatkan kecepatan respon untuk berbagai permintaan pelanggan. Namun, banyak penelitian sebelumnya, jenis kendaraan yang digunakan homogen. Sedangkan pada kenyataannya, banyak perusahaan yang menggunakan kendaraan heterogen dalam cross docking. Di sisi lain hal ini terbentur dengan kebijakan pemerintah yang membatasi kelas jalan dan tidak semua jenis kendaraan bisa lewat. Dalam studi ini dikembangkan suatu model penjadwalan rute kendaraan untuk cross docking dengan mempertimbangkan kendaraan yang heterogen dan pembatasan akses jalan untuk kelas kendaraan yang berbeda. Dalam penelitian ini, formulasi mix integer programming digunakan untuk memodelkan permasalahan tersebut. Dengan eksperimen untuk 10 titik, 10 kendaraan dan 1 fasilitas crossdock, didapatkan hasil optimisasi penggunaan kendaraan, dimana tidak semua kendaraan digunakan. Kedatangan kendaraan di cross dock dalam proses pickup berjalan secara simultan. Penambahan kendala jalan mengakibatkan kendaraan besar tidak akan pernah melalui jalur yang lebih kecil. Hasil Eksperimen menunjukkan semakin besar rasio total kapasitas kendaraan dengan total order permintaan, waktu komputasi akan semakin cepat, dan semakin banyak restriksi jalan terhadap kendaraan lebih besar, akan semakin sedikit kendaraan yang lebih besar untuk digunakan. Kata Kunci: Manajemen Rantai Pasok, Cross-docking, Vehicle routing;
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng., Ph.D.;Arief Rahman, ST., M.Sc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous