RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Permodelan Rantai Pasok Dua Eselon dengan Mempertimbangkan Diskon Biaya Transportasi dan Kelayakan Konsolidasi |
Edition | |
Call Number | |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Abdul Muid |
Subject(s) | Consolidation SUPPLY CHAIN MANAGEMENT |
Classification | 658.7 |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Jurusan Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2010 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | |
Specific Detail Info | Penelitian ini adalah pengembangan model dari penelitian tentang suatu model heuristik dari rantai pasok multi eselon dengan diskon biaya transportasi dari Hill dan Galbreth (2008) serta penelitian tentang problem pengiriman dan pengepakan terintegrasi dari Attanasio (2007). Dalam model Hill dan Galbreth, model yang dikembangkan adalah model yang mengakomodasi diskon biaya transportasi berdasarkan volume total dari barang yang dikirim secara keseluruhan. Model pengepakan dan pengiriman adalah suatu model yang mengakomodasi konsolidasi pengiriman dari beberapa order dalam suatu kendaraan yang sama berdasarkan kendala berat, volume dan waktu deadline dari suatu order. Penelitian ini mengembangkan suatu model rantai pasok yang terdiri dari satu pabrik, satu crossdock dan multiretailer. Pengiriman order produk tunggal dari pabrik ke crossdock menggunakan prinsip truckload, sedangkan pengiriman dari crossdock ke retailer dimungkinkan dua pilihan yaitu konsolidasi pengiriman dengan prinsip truckload serta pilihan pengiriman dengan less than truckload (LTL) carrier yang menawarkan tarif diskon berdasarkan berat order yang dikirim. Implementasi model dengan suatu contoh numerik menunjukkan bahwa nilai fungsi tujuan yang optimal dipengaruhi oleh kapasitas kendaraan yang digunakan untuk mengkonsolidasikan pengiriman dari crossdock ke retailer, tarif LTL carrier, tarif biaya simpan, serta alternatif ketersediaan pengiriman dari crossdock ke retailer. Kata kunci: rantai pasok, konsolidasi, diskon, truckload, less than truckload |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng.;Nani Kurniati, ST., MT. |
Volume | 1 |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |