Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Model Optimasi Manajemen Pengelolaan Limbah Industri di Sepanjang Kali Surabaya dengan Model Interval Goal Programming (IGP)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Model Optimasi Manajemen Pengelolaan Limbah Industri di Sepanjang Kali Surabaya dengan Model Interval Goal Programming (IGP)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Yusnita Aprilia
Subject(s) Industri Polution
Interval Goal Programming
Classification 333.174
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Perubahan fungsi sungai dari waterfront menjadi hinterland menyebabkan terjadinya pencemaran di Kali Surabaya. Pencemaran dari industri merupakan salah satu penyebab yang sangat berpengaruh pada kualitas air Kali Surabaya. Penurunan kualitas air sangat merugikan karena Kali Surabaya menjadi sumber air baku air minum di 4 kabupaten yang dilaluinya. Usaha pengelolaan limbah dikembangkan untuk memperbaiki kualitas air Kali Surabaya. Salah satu alternatifnya yaitu membangun unit pengolahan limbah industri. Sementara itu untuk membangun semua unit pengolahan di masing-masing industri memerlukan biaya yang besar. Charnes dan Collomb (1972) memperkenalkan Interval Goal Programming yaitu pengembangan dari model program Goal dengan kelebihan yaitu memberikan kelonggaran terhadap batasan sehingga nilai optimum yang didapat berupa interval. Hal ini yang memungkinkan pembuat keputusan untuk melakukan perubahan-perubahan yang ingin dilakukan dalam pencapaian tujuan tergantung pada kebutuhan dan pertimbangan lainnya. Model IGP memberikan hasil perhitungan berupa interval biaya minimum untuk pengolahan limbah dengan penentuan alokasi beban limbah yang akan diolah sehingga kualitas air memenuhi standar yang ditetapkan dengan menggunakan model dasar dari model kualitas air Ciptomulyono (1985) dan Ellida (2000). Dengan hasil interval tersebut lebih memberikan kelonggaran bagi pengambil keputusan untuk menentukan strategi terbaik dengan prioritas objektif yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan biaya yang dianggarkan. Kata kunci: IGP, Kali Surabaya, WWTP individu, WWTP komunal.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. UdisubaktiCiptomulyono, M.Sc.;Ir. Budi Santosa, M.Sc. PhD.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous