Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Studi Plant Availability pada Unit Pabrik Tuban I dengan Menggunakan Simulasi (Studi Kasus : PT. Semen Gresik (Persero)Tbk)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Studi Plant Availability pada Unit Pabrik Tuban I dengan Menggunakan Simulasi (Studi Kasus : PT. Semen Gresik (Persero)Tbk)
Edition
Call Number 2010/I/03
ISBN/ISSN
Author(s) Cahyadhi Ibnu Adhiguna
Subject(s) Availability
Reliability
Simulation
Classification 003
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pabrik Tuban I merupakan salah satu pabrik yang ada di PT. Semen Gresik (persero) Tbk yang berada di Tuban. Pabrik tersebut beroperasi secara kontinyu sehingga bila terjadi kerusakan pada salah satu peralatan maka akan mengakibatkan pabrik tidak dapat beroperasi, sedangkan untuk hubungan kerusakan peralatannya bersifat independen ( tidak saling mempengaruhi). Berdasarkan fakta yang ada, pabrik Tuban I ini sering tidak dapat mencapai target stream day ( hari operasi ) akibat kerusakan mesin dan pasokan bahan baku. Hal ini menyebabkan perusahaan mengalami kerugian akibat kehilangan kesempatan untuk menjual produk. Sistem produksi yang ada di dalam pabrik Tuban I merupakan sistem yang kompleks, ditandai dengan adanya hubungan interdependensi dan variabilitas waktu antar kerusakan dari komponen-komponen penyusunnya, hal ini mengakibatkan model matematis tidak dapat digunakan untuk menghitung reliability dan availability pabrik, untuk itu penelitian ini menggunakan pendekatan model simulasi dengan bantuan software Raptor 4.00. Dalam pembuatan model block diagram proses maupun model block diagram keandalan dibagi menjadi beberapa level, dimana level 1 adalah pabrik, level 2 adalah sub sistem penyusun pabrik, sedangkan pada level 3 merupakan subkomponen penyusun mesin. Plant availability dihitung berdasarkan distribusi waktu antar kerusakan dan distribusi waktu antar perbaikan, dari hasil simulasi maka akan diperoleh peralatan mana yang paling kritis, sehingga harus mendapatkan prioritas dan pemeliharaan. Dari penelitian yang telah dilakukan, didapatkan nilai availability pabrik Tuban I sebesar 0.93 dengan output yang optimal sebesar 2.139.000 ton per tahun. Agar dapat mencapai target produksi yang optimal, perusahaan dapat melakukan rentang waktu pemeriksaan mesin yang baik. Untuk unit crusher pemeriksaan diadakan setiap 5 jam sekali, unit raw mill pemeriksaan diadakan setiap 100 jam atau4 hari sekali, unit kiln pemeriksaan diadakan setiap 160 jam atau 7 hari sekali, unit finish mill pemeriksaan diadakan setiap 200 jam atau 8 hari sekali, dan untuk unit packer pemeriksaan diadakan setiap 800 jam atau 33 hari sekali. Sedangkan untuk sistem Pabrik Tuban I sendiri perlu diadakan pemeriksaan secara menyeluruh setiap 100 jam atau setidaknya 4 hari sekali. Kata kunci : Simulasi, Availability, Reliability.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Stefanus Eko Wiratno, ST., MT;Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng, Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous