Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Valuasi Ekonomi Pencemaran Kali Surabaya dengan Menggunakan Metode Pendekatan Willingness To Pay dan Fuzzy MCDM (Studi Kasus : Kali Surabaya Wilayah Driyorejo Gresik)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Valuasi Ekonomi Pencemaran Kali Surabaya dengan Menggunakan Metode Pendekatan Willingness To Pay dan Fuzzy MCDM (Studi Kasus : Kali Surabaya Wilayah Driyorejo Gresik)
Edition
Call Number 2010/I/06
ISBN/ISSN
Author(s) Lita Mandasari
Subject(s) Life Cycle Assessment
MCDM
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Air Kali Surabaya saat ini berada dalam kondisi tercemar. Beberapa parameter yang menunjukkan penurunan kualitas air Kali Surabaya adalah kandungan DO, Cr, Cd, Pb dan fenol yang berada di atas ambang batas. Sehingga diperlukan upaya pengendalian pencemaran air Kali Surabaya, mengingat kualitas air yang semakin buruk dan kerugian ekonomi yang ditimbulkan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengkajian terhadap besarnya manfaat yang dapat dikelola dari dana masyarakat dengan mengetahui tingkat kesanggupan masyarakat untuk membayar (Willingness To Pay) dengan metode langsung Contingent Valuation Method (CVM) yang biasa juga disebut dengan metode survey dan Fuzzy MCDM. Analisis kesanggupan membayar masyarakat (Willingness To Pay,WTP) bagi peningkatan kualitas air Kali Surabaya dengan metode langsung (Contingent Valuation Method, CVM) menunjukkan bahwa tingkat kesediaan membayar masyarakat senilai Rp. 2700/bulan. Besarnya WTP dari masyarakat ini dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, pendapatan dan kualitas air. Besaran nilai manfaat untuk peningkatan kualitas air Kali Surabaya adalah sebesar Rp. 23.290.200,- /bulan. Kata Kunci : Contingent Valuation Method (CVM), Fuzzy MCDM, kualitas air sungai, kesanggupan membayar masyarakat/ willingness to pay (WTP).
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Udisybakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous