Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengendalian Persediaan Spare Part dengan Pendekatan Periodic Review (R,s,S) System (Studi Kasus : PT. GMF Aero Asia-Unit Engine Maintenance)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengendalian Persediaan Spare Part dengan Pendekatan Periodic Review (R,s,S) System (Studi Kasus : PT. GMF Aero Asia-Unit Engine Maintenance)
Edition
Call Number 2010/I/13
ISBN/ISSN
Author(s) Wirawan Aditya S. Penangsang
Subject(s) INVENTORY CONTROL
Periodeic Review
Classification 658.78
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT. GMF AA bergerak dalam bidang Maintenance, Repair and overhaul dan mempunyai pelanggan maskapai penerbangan domestik maupun luar negeri. Unit TR (engine maintenance) bertanggung jawab atas perbaikan mesin pesawat. Saat ini, dalam pengerjaan perbaikan mesin pesawat, TAT (turn around time) aktual dengan target mempunyai penyimpangan cukup besar, salah satu faktornya adalah ketersediaan suku cadang (spare part) yang akan digunakan di lini produksi untuk pengerjaan perbaikan mesin pesawat. Simulasi Monte Carlo dilakukan untuk memberi gambaran kondisi persediaan suku cadang dengan pendekatan periodic review (R,s,S) system secara lebih nyata. Penentuan kombinasi parameter S dan s sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pengendalian persediaan. Modifikasi stok maksimum dilakukan untuk mengantisipasi variabilitas yang tinggi pada demand dan lead time ketika rumus EOQ tidak mampu mengakomodasi target service level. Spare part diklasifikasi agar dapat diketahui tingkat kepentingannya, dan dengan analisa hasil simulasi dapat diperoleh informasi strategi pemenuhan persediaan untuk mengatasi masalah ketidak tersediaan spare part. Kata Kunci: Engine Maintenance, Inventory Control, Periodic Review
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng., Ph.D;Nani Kurniati, ST., MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous