Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Upaya Perbaikan Kualitas Unit Pelayanan Teknik dengan Pendekatan Lean Service (Studi Kasus : PT. PLN APJ Surabay Selatan)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Upaya Perbaikan Kualitas Unit Pelayanan Teknik dengan Pendekatan Lean Service (Studi Kasus : PT. PLN APJ Surabay Selatan)
Edition
Call Number 2010/I/16
ISBN/ISSN
Author(s) Mairina Anggraini Francesca
Subject(s) Efficiency
Lean Service
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Unit Pelayanan Teknik adalah pihak yang menangani gangguan distribusi secara langsung, dimana unit ini memiliki pengaruh yang besar terhadap kualitas pelayanan jaringan. Terdapatnya pengaduan akan gangguan pada saat ini mengindikasikan adanya waste pada proses pelayanan jaringan sehingga pada penelitian kali ini akan dilakukan suatu upaya perbaikan kualitas dari unit pelayanan teknik dari segi efisiensi. Metode awal yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Envelopment Analysis, sebab terlebih dahulu ditentukan unit mana yang akan menjadi fokus utama dalam penelitian berdasarkan tingkat efisiensi. Kemudian dilanjutkan dengan pendekatan lean service untuk memperbaiki kualitas pelayanan teknik yang masih kurang baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bila upaya perbaikan dalam mereduksi waste dengan alternatif yang ada mampu meningkatkan efisiensi pelayanan teknik. Alternatif perbaikan yang direkomendasikan didasarkan pada nilai RPN tertinggi dari FMEA yang kemudian disimulasikan untuk mendapatkan alternatif terbaik. Dari alternatif perbaikan yang ada, dapat dibuktikan jika rekomendasi perbaikan telah merubah Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) yang tidak efisien menjadi efisien. Hal ini dibuktikan dengan perubahan nilai scale efficiency dari 0,972 menjadi 1. Kata kunci: Efisiensi, Data Envelopment Analysis (DEA), waste, Lean Service.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Eko Nurmianto, M.Eng.Sc.DERT;Ir. Lantip Trisunarno, MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous