Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penerapan Metode Cross Entropy dalam Penyelesaian Capacitated Vehicle Rounting Problem (Studi Kasus : Distribusi Koran Jawa Pos Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penerapan Metode Cross Entropy dalam Penyelesaian Capacitated Vehicle Rounting Problem (Studi Kasus : Distribusi Koran Jawa Pos Surabaya)
Edition
Call Number 2010/I/24
ISBN/ISSN
Author(s) Gladiez Florista Rera
Subject(s) Capacitated Vehicle Rounting Problem
Management of Distribution
Classification 658.8
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Capacitated Vehicle Routing adalah satu jenis permasalahan penentuan rute terdekat yang dibatasi dengan kapasitas kendaraan angkut. CVRP dapat diselesaikan dengan menggunakan exact optimization seperti integer programming, akan tetapi dalam penyelesaiannya diperlukan waktu komputasi yang sangat lama, terutama untuk problem berukuran besar (jika jumlah titik yang dilayani cukup banyak) dan menggunakan pendekatan heuristik, yaitu tabu search, yang sering dipakai karena menghasilkan ongkos total yang lebih kecil dibanding metode yang lain. Cross Entropy (CE) merupakan suatu metode optimasi yang baru dikembangkan dengan dua prosedur utama, yaitu melakukan generate sampel data dengan distribusi tertentu dan melakukan update parameter distrubusi berdasarkan sampel terbaik untuk menghasilkan sampel yang lebih baik pada iterasi berikutnya. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dan pembuktian secara fisik bagaimana CE diterapkan dalam kondisi permasalahan yang sebenarnya. Pada penelitian ini akan diterapkan permasalahan nyata CVRP yang terjadi pada proses distribusi logistik eksemplar koran. Hasil yang diharapkan adalah algoritma, eksperimen yang bisa menunjukkan performansi CE-CVRP, dan program komputer untuk implementasi algoritmanya. Kata kunci : capacitated vehicle routing problem, cross entropy, tabu search
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Budi Santosa, M.S., Ph.D
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous