Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Alat Bantu Pengambilan Keputusan untuk Crew Scheduling pada Dinas Unit Line Maintenance (Studi Kasus : PT. Garuda Maintenance Facility-AeroAsia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Alat Bantu Pengambilan Keputusan untuk Crew Scheduling pada Dinas Unit Line Maintenance (Studi Kasus : PT. Garuda Maintenance Facility-AeroAsia)
Edition
Call Number 2010/I/25
ISBN/ISSN
Author(s) Irawan Hutama Putra
Subject(s) Optimization
Scheduling
Classification 658.542
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pada penelitian ini dilakukan pengembangan alat pengambilan keputusan untuk menyelesaikan permasalahan crew scheduling pada unit line maintenance PT Garuda Maintenance Facility-AeroAsia (PT GMF-AA). Model merupakan gabungan fungsi distribusi dan optimasi. Fungsi distribusi digunakan untuk meratakan beban kerja kepada sejumlah crew. Beban kerja berupa banyaknya pesawat yang dilakukan perawatan oleh unit line maintenance. Penggunaan optimasi supaya distribusi mekanik dapat merata dalam pengerjaan perawatan pesawat.. Penambahan pesawat oleh Garuda Indonesia, menyebabkan beban kerja unit line maintenance akan bertambah. Dengan naiknya beban kerja pada shop floor maka pemerataan beban kerja harus dilakukan mengingat availability (ketersediaan) dari setiap crew berbeda. Tujuan dari model adalah meminimumkan beban kerja setiap crew dengan melihat jumlah availability dari crew di unit line maintenance. Kemudian dilakukan analisa sensivitas terhadap kenaikan beban kerja dan jumlah minimum mekanik pada setiap crew. Hasil dari percobaan adalah model mampu sebagai decision tool untuk mencari minimum mekanik yang dibutuhkan dan mendistribusi mekanik secara rata pada unit line maintenance Kata kunci: distribusi mekanik, optimasi, analisa sensivitas, decision tool.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng.;Ir. Budi Santosa, MS., Ph.D
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous