Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi dan Simulasi Perbaikan Order Fulfillment Process pada Pupuk Urea Bersubsidi dengan Pendekatan Lean Distribution (Studi Kasus : Kantor Pemasaran Jatim-PT. Pupuk Kalimantan Timur Tbk)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi dan Simulasi Perbaikan Order Fulfillment Process pada Pupuk Urea Bersubsidi dengan Pendekatan Lean Distribution (Studi Kasus : Kantor Pemasaran Jatim-PT. Pupuk Kalimantan Timur Tbk)
Edition
Call Number 2010/I/28
ISBN/ISSN
Author(s) Mary Jane Staublish
Subject(s) Lead Time, Lean Thinking
Simulation
Classification 658.5
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT. Pupuk Kaltim merupakan perusahaan yang memproduksi pupuk baik yang berlabel subsidi maupun non-subsidi. Penelitian ini difokuskan pada pupuk urea bersubsidi sebagai pemenuhan akan produksi bahan pangan dalam negeri. Permasalahan yang dihadapi perusahaan saat ini adalah terjadinya inefisiensi pada order fulfillment process yang disebabkan oleh adanya waste (pemborosan) dan non-value added activity yang dapat merugikan perusahaan. Berdasarkan penelitian, ditemukan waste kritis, yaitu lead time yang panjang dan inventory yang berlebih di gudang lini 2(Margo 40). Penerapan Lean Distribution diharapkan mampu mengurangi waste tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan sebelum menerapkan perbaikan adalah dengan melakukan simulasi. Identifikasi waste dilakukan dengan metode Value Stream Analysis Tools (VALSAT). Tools dalam metode VALSAT yang digunakan adalah Process Activity Mapping yang digunakan untuk memetakan tiap aktivitas dalam proses penyaluran pupuk urea bersubsidi. Dan berdasarkan hasil penelitian dengan pendekatan simulasi dan lean distribution, dipilih skenario 4 yang dapat mengurangi lead time sebesar 49.74% untuk Kabupaten Sidoarjo, 41.42% untuk Kabupaten Kediri, dan 32.63% untuk Kabupaten Pacitan. Kata Kunci: Lead Time, Lean Thinking, Process Activity Mapping, Waste, Simulasi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng. Ph.D
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous