Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Alat Bantu Pengambilan Keputusan Berbasis Set Partitioning Problem (SPP) untuk Pengelolaan Distribusi dan Persediaan BBM pada Multi-SPBU (Studi Kasus : Pertamina Persero Instalasi Surabaya Grup)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Alat Bantu Pengambilan Keputusan Berbasis Set Partitioning Problem (SPP) untuk Pengelolaan Distribusi dan Persediaan BBM pada Multi-SPBU (Studi Kasus : Pertamina Persero Instalasi Surabaya Grup)
Edition
Call Number 2010/I/34
ISBN/ISSN
Author(s) Erlyn Septika Sari
Subject(s) Management of Distribution
SPP
Classification 658.8
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Penelitian Tugas Akhir ini diadakan di Pertamina Persero Instalasi Surabaya Grup untuk mengembangkan suatu algoritma keputusan untuk menentukan rute dan kapan pengiriman akan dilakukan. Jumlah SPBU yang harus dilayani untuk daerah Surabaya adalah 88 buah dengan konsumsi premium yang berbeda tiap waktu. Penerapan model baru yang diusulkan oleh peneliti berada pada sistem Vendor Managed Inventory (VMI). Tiap SPBU yang berada dibawah nilai Reorder Point (ROP) harus segera dilakukan pengisian ulang. Proses pengiriman akan dibedakan menjadi dua macam yaitu pengiriman (tunggal dan konsolidasi). Proses konsolidasi menggunakan metode Set Partitioning Problem (SPP). Dari algoritma yang dibangun menjadi alat bantu pengambilan keputusan, dibutuhkan suatu data parameter berupa data (persediaan SPBU tiap waktu, kelas jalan) sebagai penentu pemakaian mobil tangki. Setelah dilakukan running software menggunakan data awal, diperoleh hasil jumlah mobil tangki yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan premium di Surabaya sejumlah 37 buah mobil tangki selama dua hari. Dari analisa sensitivitas diperoleh suatu kesimpulan bahwa Delivery Order yang berjumlah kecil akan sering membutuhkan pengiriman dan biaya sewa mobil tangki juga akan meningkat sebanding dengan jumlah mobil tangki yang keluar untuk melakukan pengisian ulang ke SPBU. Kata kunci: manajemen distribusi dan transportasi, konsolidasi, set partitioning problem, SPP
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous