Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Integrasi Fuzzy Analytic Network Process dan Goal Programming dalam Pemilihan Supplier dan Alokasi Order (Studi Kasus : ITS Press Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Integrasi Fuzzy Analytic Network Process dan Goal Programming dalam Pemilihan Supplier dan Alokasi Order (Studi Kasus : ITS Press Surabaya)
Edition
Call Number 2010/I/36
ISBN/ISSN
Author(s) Prawatyaningrum Kusuma Hapsari
Subject(s) Fuzzy-ANP
Goal Programming
Supplier Selection
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pemilihan supplier merupakan permasalahan multi kriteria yang didalamnya terdapat faktor-faktor tangible ataupun intangible. Dalam permasalahan ini, apabila setiap supplier memiliki konstrain yang berbeda, maka akan timbul pertanyaan : supplier manakah yang terbaik dan seberapa banyak kuantitas yang harus dibeli dari masing-masing supplier yang terpilih. Penelitian ini mengintegrasikan pendekatan fuzzy-Analytic Network Process (fuzzy-ANP) dan goal programming untuk memilih supplier kertas dan tinta cetak terbaik untuk ITS Press. Pemilihan supplier dilakukan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan selanjutnya menentukan alokasi pembelian yang optimal terhadap supplier yang terpilih dengan tujuan memaksimalkan nilai pembelian (value of purchasing), serta meminimasi biaya pembelian dan defect rate. Tiap-tiap supplier dievaluasi dengan 15 kriteria yang ditentukan dan digolongkan dalam subnet benefit, opportunity, cost, dan risk (BOCR). Dari hasil perhitungan tersebut didapatkan Wiranata sebagai supplier kertas terbaik dan Nikki sebagai supplier tinta cetak terbaik. Dan untuk pengalokasian order digunakan tujuan minimasi deviasi pada masing-masing fungsi tujuan. Kata kunci : fuzzy-ANP, goal programming, pemilihan supplier, alokasi order.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Ir. Suparno, MSIE., Ph.D
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous