Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Mesin Sizing Teri Nasi Berdasarkan Prinsip Length Grader dengan Menggunakan Quality Function Deployment (Studi Kasus : PT. Insan Citraprima Sejahtera Jenu-Tuban)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Mesin Sizing Teri Nasi Berdasarkan Prinsip Length Grader dengan Menggunakan Quality Function Deployment (Studi Kasus : PT. Insan Citraprima Sejahtera Jenu-Tuban)
Edition
Call Number 2010/I/43
ISBN/ISSN
Author(s) Dewanti Anggrahini
Subject(s) Designing Machine
ERGONOMIC
PRODUCT DESIGN
Classification 658.575 2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Komoditas ekspor Indonesia yang berpotensi besar adalah teri nasi. Salah satu perusahaan yang mengelola teri nasi adalah PT Insan Citraprima Sejahtera. Sebesar 95% dari produk perusahaan ini adalah untuk diekspor. Namun dalam proses produksi, terdapat beberapa bottleneck, salah satunya terjadi dalam proses sizing (memisahkan teri nasi sesuai dengan panjang teri yang dituntut oleh standar yang telah ditentukan). Dalam proses sizing, mesin yang digunakan masih bersifat konvensional, sehingga dibutuhkan beberapa kali putaran untuk memilah teri hingga terpisah sesuai dengan standar ukuran yang telah ditetapkan. Kondisi tersebut menimbulkan kebutuhan perusahaan terhadap mesin yang dapat memisahkan teri sesuai dengan standar ukurannya tanpa perlu waktu yang panjang dan keakuratan tinggi. Perancangan mesin sizing untuk Teri Nasi ini menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Metode QFD merupakan suatu metode yang terstruktur dalam pengembangan produk yang memungkinkan tim pengembangan produk untuk menetapkan dengan jelas semua keinginan dan kebutuhan konsumen serta mengevaluasi masing-masing kemampuan produk yang ditawarkan secara sistematis untuk memenuhi kebutuhan. Dalam penelitian ini dihasilkan mesin sizing baru dengan menggunakan mekanisme ayakan bertingkat yang digerakkan menggunakan dinamo. Mesin sizing baru ini memiliki kapasitas sebesar 450 kilogram per harinya atau 56 kilogram per jam. Kapasitas mesin tersebut membuat peningkatan jumlah output sebesar 125%. Kata Kunci : Perancangan Mesin, Teri Nasi, Ergonomi, Quality Function Deployment
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, MT;Ratna Sari Dewi, ST., MT.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous