Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Kebijakan dalam Usaha Meningkatkan Pangsa Pasar Global Suku Cadang Otomotif dengan Pendekatan Dinamika Sistem (Studi Kasus : Klaster Industri Berbasis Logam di Ngingas, Jawa Timur)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Kebijakan dalam Usaha Meningkatkan Pangsa Pasar Global Suku Cadang Otomotif dengan Pendekatan Dinamika Sistem (Studi Kasus : Klaster Industri Berbasis Logam di Ngingas, Jawa Timur)
Edition
Call Number 2010/I/44
ISBN/ISSN
Author(s) Santi Agustina
Subject(s) Dynamic System
Industrial Cluster
Classification 658.403 2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Industri logam merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi untuk dapat dikembangkan serta memiliki kontribusi besar bagi kesempatan kerja dan pendapatan masyarakat. Era globalisasi yang ditandai dengan dibukanya pasar global, memberikan peluang pasar yang lebih luas sekaligus tantangan yang lebih besar bagi industri logam dalam persaingan usaha. Daya saing menjadi salah satu faktor penting yang berperan dalam perkembangan industri. Selama ini klaster industri yang direncanakan pemerintah sebagai suatu bentuk pembangunan jangka panjang dianggap sebagai suatu pendekatan yang dipercaya dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing industri. Jejaring kemitraan yang terbentuk dalam sebuah klaster disertai dengan adanya interaksi yang kuat pada hubungan rantai produksi akan memberikan peluang yang lebih besar dalam membuka akses pasar, hingga tataran pasar global. Dengan semakin luasnya kesempatan yang dimiliki akan semakin memacu pembelajaran dan pengembangan usaha serta meningkatkan daya hidup suatu klaster. Dalam kajian ini, dilakukan permodelan dengan pendekatan dinamika sistem karena obyek dan permasalahan yang terjadi bersifat makro dan strategis. Selain itu, analisa kondisi diperlukan untuk mengetahui dampak skenario atau kebijakan dalam jangka pendek, menengah dan panjang, dimana hal tersebut akan dapat diperoleh melalui sebuah simulasi. Dalam kajian ini terdapat beberapa skenario yang digunakan, meliputi peningkatan kontribusi pelaku pendukung dalam aspek legalitas usaha, pengembangan SDM, teknologi produksi, dan finansial, serta dengan memberikan bea impor sebesar 5% dan 10%. Berdasarkan kajian yang dilakukan, skenario yang memberikan dampak paling signifikan terhadap peningkatan pangsa pasar suku cadang otomotif lokal adalah scenario keenam dengan memberikan bea impor 10% terhadap produk asing yang masuk. Kata kunci : industri suku cadang otomotif, klaster industri, sistem dinamis, pangsa pasar
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Budisantoso Wirjodirdjo, M.Eng;Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, MT.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous