RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Aplikasi Ergonomi Mengenai Evaluasi Terapi Musik Bagi Perkembangan Kognitif Anak Autis |
Edition | |
Call Number | 2010/II/07 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Apriani Nur Aulia |
Subject(s) | Autisme Cognitive Ergonomics, Music Theraphy |
Classification | 620.82 |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Jurusan Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2010 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | |
Specific Detail Info | Istilah autisme sudah cukup sering diperbincangkan di berbagai media, mengingat jumlah penderitanya yang semakin meningkat tiap tahun di berbagai negara di dunia. Autisme atau Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu jenis masalah neurologis yang mempengaruhi pikiran, persepsi, dan perhatian. Karakteristik autisme sangat luas bahkan gejala maupun gangguan yang ditunjukkan antara anak autis satu dengan yang lainnya terkadang berbeda. Kelainan autisme dapat menghambat, memperlambat, atau mengganggu sinyal dari mata, telinga, dan organ sensori lainnya sehingga dapat mengakibatkan gangguan atau keterlambatan pada bidang kognitif, bahasa, perilaku, komunikasi dan interaksi sosial. Gangguan pada anak autis tersebut dapat menyebabkan kesulitan dalam memfokuskan perhatian ketika proses belajar, sehingga butuh perlakuan khusus untuk membantu anak autis dalam belajar. Selama ini berbagai terapi telah dilakukan untuk mengurangi tingkat autisme. Salah satu terapi yang dilakukan adalah terapi musik walaupun penerapannya masih jarang dilakukan. Jenis musik yang lazim digunakan adalah musik klasik seperti karya Mozart, Vivaldi, Beethoven dll. Pada penelitian ini akan dilakukan pengujian apakah terapi musik mempengaruhi segi kognitif anak autis dan apakah jenis musik Murotal dapat menjadi alternatif untuk terapi musik pada anak autis. Proses pengujian ini dilakukan secara ilmiah dengan terlebih dahulu menetapakan indikator apa saja yang akan dinilai lalu menetapkan parameter penilaian (score) dan selanjutnya mendesain eksperimen. Penelitian disini mengunakan alat peraga (permainan) untuk membantu penilaian masing-masing indikator. Penilaian dilakukan sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) perlakuan terapi musik. Hasil dari pre-test dan post-test dievaluasi menggunakan uji statistik Analysis of Variance (ANOVA). Hasil yang dipaparkan dari hasil penelitian ini adalah bahwa terapi memang memberikan pengaruh terhadap aspek penilaian kognitif yang dinilai untuk objek penelitian yang ditentukan. Hasil yang lain menunjukkan bahwa kedua jenis musik yang digunakan dalam eksperimen ini dapat digunakan untuk materi terapi karena keduanya tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Selain itu pada penelitian ini juga dapat diketahui letak kelemahan pada sistem kognitif anak autis kaitannya dalam proses pengolahan informasi berdasarkan model generic ergonomi kognitif. Kata kunci : autisme, ergonomi kognitif, terapi musik, Analysis of Variance. |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Ir. Sritomo Wignjosoebroto, MSc;Adithya Sudiarno, ST, MT |
Volume | 1 |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |