Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Model Pegukuran Kinerja Penyelarasan Antara Pendidikan SMK dengan Dunia Kerja Melalui Alignment Index ( studi Kasus : SMKN 5 Surabaya )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Model Pegukuran Kinerja Penyelarasan Antara Pendidikan SMK dengan Dunia Kerja Melalui Alignment Index ( studi Kasus : SMKN 5 Surabaya )
Edition
Call Number 2010/II/24
ISBN/ISSN
Author(s) Alfin Warist Khoirunnisa
Subject(s) Alignment Index (AI)
Performance Measurement Alignment
Tracer Study
Classification 658.151
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pembangunan sumber daya manusia tidak lepas dari peranan kemajuan pendidikan. Salah satu permasalahan pendidikan sekarang ini adalah terjadinya ketidakselarasan antara output yang dihasilkan dunia pendidikan (supply side) dengan kebutuhan dunia kerja (demand side) sehingga ditengarai menurunkan tingkat penyerapan lulusan. Untuk itu dalam penelitian tugas akhir ini dihasilkan sebuah model pengukuran kinerja penyelarasan yang dapat mengukur seberapa besar penyelarasan antara pendidikan SMK dengan dunia kerja. Perancangan model pengukuran kinerja penyelarasan menghasilkan rumus Alignment Index (AI) yang meliputi empat dimensi penyelarasan yaitu kuantitas, kualitas/kompetensi, lokasi, dan waktu. Nilai AI menghitung seberapa besar lulusan yang dihasilkan terserap di dunia kerja. Data yang dibutuhkan untuk implementasi model didapatkan dari tracer study dengan wawancara lewat telepon. Berdasarkan perhitungan AI di SMKN 5 Surabaya untuk Bidang Studi Keahlian Teknologi dan Rekayasa diperoleh hasil bahwa nilai AI triwulan I sejak kelulusan 2009 pada level Provinsi Jawa Timur (0,57) lebih besar dibandingkan AI pada level non-lokal nasional (0,1449). Kondisi tersebut sama untuk semua periode pengukuran. Hal ini menunjukkan bahwa lulusan banyak yang terserap di daerah Jawa Timur. Hipotesis awal menyatakan bahwa nilai AI semakin besar apabila periode pengukuran semakin besar. Namun pada kenyataannya, nilai AI pada level Provinsi Jawa Timur untuk triwulan IV sejak kelulusan 2009 (0,5463) lebih kecil dibandingkan triwulan II sejak kelulusan 2009 (0,5749). Hal ini disebabkan oleh adanya sejumlah lulusan yang menjadi pengangguran setelah setahun bekerja dengan sistem kerja kontrak dan outsourcing. Kata kunci : Alignment Index (AI), Pengukuran Kinerja Penyelarasan, SMK, Tracer Study
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc.;Dr.Ir. Maria Anityasari, ST, ME
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous